sign up SIGN UP search


parenting

Ingin Sekolahkan Anak Sejak Usia 3 Tahun? Ini Pertimbangan dari Psikolog

Asri Ediyati   |   Haibunda Senin, 13 Jun 2022 09:10 WIB
Happy toddler boy with glasses playing in a big chair caption
Jakarta -

Setiap orang tua ingin anak-anaknya memiliki pendidikan yang baik. Hal ini mengingat semakin tingginya kompetisi di masa depan. Oleh karena itu, tak jarang beberapa orang tua berlomba-lomba memasukkan anaknya sekolah sedini mungkin, misalnya dari 3 tahun.

Memangnya, seberapa penting sekolah dini untuk anak 3 tahun? Menurut Danang Baskoro, M.Psi., Psikolog., pemahaman sekolah dini harus Bunda lihat dari segi kontekstual. Artinya, sekolah yang dimaksud adalah saat anak duduk dan belajar satu materi.

Sementara pada konsep sekolah dini untuk anak usia 3 tahun, sebenarnya berbeda dengan sekolah formal. Sekolah yang dikenal preschool ini sebenarnya hanya tempat berkumpul anak-anak seumuran, yang terkadang juga didampingi orang tuanya.


"Sekolah dini untuk anak usia 3 tahun bukanlah sesuatu yang wajib atau urgent, Bunda. Sebab, di usia ini, yang paling penting adalah anak dapat mengenal dengan baik ibunya," ujarnya kepada HaiBunda.

Banner Bumil dan Janin LaparBumil dan Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Tapi meski begitu, bukan berarti sekolah dini ini enggak penting ya, Bunda. Mendaftarkan anak ke sekolah dini bisa mengajarkan mereka konsep sosialisasi atau interaksi dengan teman seumuran, termasuk belajar tentang kepemilikan barang dan meniru kemampuan anak lain.

Nah, terkait materi belajar, anak usia 3 tahun belum perlu untuk diajarkan cara membaca dan menulis karena perkembangan kognitifnya belum sampai ke situ.

"Idealnya, anak baru bisa diajarkan membaca dan menulis di usia 6 tahun," tutur Danang.

HaiBunda sebelumnya pernah membahas tanda anak siap masuk sekolah dini. Apa saja tanda-tandanya? Klik ke halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga gaya parenting ibunda Maudy Ayunda dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
TANDA ANAK SIAP PRASEKOLAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!