aktivitas

Ajak Anak Liburan ke Thailand? 5 Museum Ini Layak Dikunjungi

Asri Ediyati 21 Nov 2017
Grand Palace, Bangkok, Thailand /Foto: Instagram Grand Palace, Bangkok, Thailand /Foto: Instagram
Jakarta - Thailand dikenal sebagai negara yang kaya akan wisata kuliner dan kebudayaannya. Apalagi yang lagi ngehits di Indonesia sekarang kuliner Thailand. Itu lho, mango sticky rice!

Berkunjung ke Thailand sama anak tapi bingung enaknya ngajak si kecil ke mana? Tenang Bun, berikut ini lima museum yang sering direkomendasikan oleh para tour guide dan ahli kebudayaan lokal Thailand, seperti dirangkum HaiBunda. Yuk tengok museum apa aja yang layak Bunda dan Ayah kunjungi bareng si kecil.

1. Queen Saovabha Institute Snake Farm

Ajak Anak Liburan ke Thailand? 5 Museum Ini Layak DikunjungiQueen Saovabha Institute Snake Farm/ Foto: Instagram


Dari nama museumnya udah agak ngeri ya, Bun. Ada ularnya! Eits, tapi tenang dulu, keamanan pengunjung pasti dijamin oleh pihak museum. Museum yang berisi beragam spesies ular ini memiliki pertunjukan yang super menarik dan nggak bikin bosan. Ya, karena objek yang dipakai adalah ular. The Queen Saovabha Institute memiliki komplek untuk area pameran dan penangkaran.

Queen Saovabha Institute Snake FarmQueen Saovabha Institute Snake Farm/ Foto: Instagram


Ada 35 spesies ular hidup yang jadi koleksi museum. Ada yang nggak kalah menarik nih, Bun. Tempat yang namanya 'Venom Extraction Arena'. Di sana kita bisa menonton saat 'bisa' ular diekstrak. Selain itu, ada juga museum yang menginformasikan tentang evolusi ular, toksikologi dan pertolongan pertama jika digigit ular. Nggak hanya museum, di sini juga ada pusat penelitian ular lho.

Biaya masuk museum ini sekitar Rp 82 ribu. Jam kunjungan museum buka dari jam 08.30-16.30 untuk hari kerja dan 09.30-13.30 di akhir pekan. Menarik untuk dikunjungi bukan?

2. Museum Siam (Discovery Museum)

Ajak Anak Liburan ke Thailand? 5 Museum Ini Layak DikunjungiMuseum Siam (Discovery Museum) /Foto: Instagram


Museum Siam atau dikenal juga sebagai Discovery Museum adalah museum modern dan multimedia yang berisi tentang asal usul Thailand mulai dari orang, makanan hingga kebudayaannya. Museum ini berisi sejarah, mulai dari Suvarnabhumi, Buddha, Ayutthaya dan Thailand masa kini.

Di setiap ruang, pengujung disuguhkan instalasi digital yang interaktif dan ada juga videonya. Tenang aja Bun, semuanya sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, jadi kita pun bisa mengerti. Staf museumnya juga sangat ramah, Bun.

Ajak Anak Liburan ke Thailand? 5 Museum Ini Layak DikunjungiMuseum Siam (Discovery Museum)/ Foto: Instagram


Satu lagi yang nggak bikin khawatir kalau mau wisata ke sini, semuanya boleh disentuh. Jadi nggak perlu khawatir sport jantung kalau si kecil pegang-pegang koleksi di sana deh. Hi-hi-hi.

Untuk biaya masuknya, untuk turis non Thailand harganya sekitar Rp 123 ribu. Untuk jadwal kunjung museum yakni hari Selasa-Minggu, pukul 10.00 hingga 18.00.

3. Museum Lilin Madame Tussaud

Ajak Anak Liburan ke Thailand? 5 Museum Ini Layak DikunjungiMuseum Lilin Madame Tussaud/ Foto: Instagram

Iya Bun, nggak cuma Hongkong dan Singapura, Thailand juga punya museum lilin yang fenomenal ini. Nah, khusus di Thailand, museum lilin ini punya keunikan sendiri khas Thailand. Museum ini ramah anak-anak dan keluarga banget.

Koleksinya pun seputar tokoh-tokoh dunia seperti pemimpin negara, pemuka agama dan bintang Hollywood. Sebut saja Ratu Elizabeth, Barack Obama, Dalai Lama, aktor Brad Pitt dan aktris Julia Roberts. Nggak hanya museum lilin, tersedia juga sinema 4D yang interaktif. Harga tiket masuknya bervariasi mulai dari Rp 248 ribu, Bun. Untuk jam kunjungan museum mulai dari pukul 10.00 hingga 21.00.

4. Museum Mainan Batcat

Ajak Anak Liburan ke Thailand? 5 Museum Ini Layak DikunjungiMuseum Mainan Batcat/ Foto: Instagram

Ini adalah museum berisi mainan figur Batman dan superhero sejenis lainnya milik Somchai Nitimongkolchai. Bisa dibilang museim mainan batcat jadi tempat koleksi mainan Batman dan superhero terlengkap dan terbesar di Thailand. Jumlah koleksinya melebihi 50 ribu buah. Ada ruangan khusus Batman, Spiderman, dan Star Wars.

Ada juga figur raksasa seukuran manusia dari tokoh Marvel dan DC Comic. Nggak cuma itu, ada koleksi mainan yang lucu seperti Doraemon dan tokoh di kartun animasi Pixar. Anak-anak dijamin terpukau dan mungkin mupeng alias 'muka pengen' kalau melihat koleksinya.

Museum Mainan Batcat/ Museum Mainan Batcat/ Foto: Instagram

Biaya tiket masuknya sekitar Rp 103 ribu untuk orang dewasa dan Rp 62 ribu untuk anak-anak. Jam operasional di hari biasa dari jam 10.00-17.00 dan di akhir pekan dari jam 09.00-20.00. Peraturan untuk pengunjung nggak terlalu ketat jadi kalau si kecil atau bahkan bunda dan ayah mau berfoto dengan koleksinya, boleh banget.

5. Grand Palace

Ajak Anak Liburan ke Thailand? 5 Museum Ini Layak DikunjungiGrand Palace/ Foto: Instagram

Bisa dibilang bangunan ini paling berkilau di Thailand. Meskipun bukan museum yang penuh koleksi tapi bangunan dan lingkungannya memiliki cerita yang bersejarah. Seperti candi-candi di Indonesia. Bangunan megah ini dibuat oleh Raja Rama I.

Grand Palace/ Grand Palace/ Foto: Instagram


Bangunannya yang berwarna emas dan terlihat megah dijamin bisa bikin si kecil terpukau deh, Bun. Namun, peraturan masuknya cukup ketat nih. Pengunjung dilarang memakai singlet, celana pendek, rok pendek, sandal atau pakaian yang memperlihatkan badan. Untuk biaya tiket masuknya sebesar Rp 206 ribu. Jam bukanya mulai pukul 08.30 hingga 15.30.


Nah, destinasi wisata yang ramah anak tadi memang sudah menjadi rekomendasi di berbagai website travel di seluruh dunia. Saat berpergian ke luar negeri, jangan lupa ya kita bawa kartu travel.

Ada nih, Mega Travel Card yang merupakan inovasi terbaru bagi para nasabah Bank Mega yang sering melakukan perjalanan. Bank Mega bersinergi dengan berbagai pihak, antara lain Antavaya Tour dan unit usaha ritel lainnya di bawah CT Corps, Visa Worldwide Indonesia dan Corporate Partner lainnya.

Keuntungan yang bisa didapat pemegang Mega Travel Card di antaranya garansi nilai tukar terbaik, fleksibel dalam menukarkan mileage point seperti tiket five star airline, budget airlines, hotel, paket tour, paket umroh, cruise dan sebagainya. Serta yang nggak kalah menarik Bun, keuntungan sepanjang masa di CT Corp berupa diskon hingga 50 persen di perusahaan-perusahaan ritel yang tergabung di dalam CT Corp. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi