aktivitas

Kata Cut Mini tentang Pentingnya Mendongeng untuk Anak

Asri Ediyati 28 Nov 2017
Cut Mini/ Foto: Asep Syaifullah Cut Mini/ Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Saat kita masih anak-anak, apa sih salah satu hal yang sering dilakukan orang tua untuk kita? Bisa jadi sebagian besar Bunda menjawab kalau sering dibacakan dongeng. Mulai dari dongeng bertema budaya, adab sopan santun hingga fiksi, semuanya disajikan dalam bentuk cerita.

Kita tahu bercerita atau mendongeng punya banyak sekali manfaat untuk anak. Bicara soal manfaat mendongeng, ini juga dirasakan aktris Indonesia, Cut Mini. Iya, dirinya sudah berkecimpung di dunia dongeng anak-anak selama tujuh tahun.

"Aku mendongeng itu di mana-mana, pernah di radio sama rekan saya, Paman Gery sampai acara di radionya berhenti dan kita tetap lanjutkan. Bagiku dongeng itu sangat bermanfaat karena kita sebagai pendongeng harus berimajinasi," tutur Cut Mini saat ditemui di sela-sela acara Press Conference Nivea #SentuhanIbu, di Atrium Senayan City, Jakarta, Senin (27/11/2017).

Kata Cut Mini, rasanya senang sekali melihat ekspresi anak-anak yang penasaran ingin tahu kelanjutan dongeng yang dibawakan. Menurut Cut Mini, supaya tercipta atmosfer yang seru dalam mendongeng, kita harus mencari ekspresi dari bacaan itu sendiri, Bun. Dengan kata lain, kata Cut Mini semua harus ada ekspresinya.

"Bagian yang paling susah menurutku ketika mendongeng adalah saat pertama kali masuk ke dunia dongeng. Aku merasa kesusahan untuk menyampaikan cerita ke pendengar," kata Cut Mini.


Bagian sulit lainnya saat mendongeng, lanjut Cut Mini yakni mengendalikan suaranya yang terbilang cempreng. Hi-hi-hi. Bahkan, Cut Mini butuh satu higga dua bulan untuk belajar mengontrol suaranya. Terlepas dari semua itu, bagi Cut Mini mendongeng adalah momen penting antara ibu dan anak.

"Kalau mau mendongeng untuk anak, semuanya dimulai dari kita dulu. Kita harus suka dengan kegiatan mendongeng, suka ceritanya. Dengan begitu dongeng akan jadi sesuatu yang menarik untuk anak," kata Cut Mini.

Cut Mini berpesan buat Bunda yang ingin mendongeng untuk si kecil, coba jadikan itu momen pertama yang bisa melekat di pikiran mereka. Artinya, sampaikan hal yang membuat mereka senang dan bisa berimajinasi.

"Anak itu nggak butuh hal-hal yang kompleks untuk membuat dirinya senang. Mereka happy cuma karena hal yang sepele. Nah, mendongeng bisa jadi salah satunya," tuturnya.

Di kesempatan sama, psikolog anak Vera Itabiliana bilang, waktu yang tepat untuk mendongeng yakni pada malam hari. Kenapa? Kata Vera, di malam hari anak lebih rileks. Saat tubuh rileks, otak anak cenderung lebih cepat menangkap informasi yang kita sampaikan, Bun.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi