aktivitas

Liburan Keluarga yang Sederhana Tapi Seru Ala Teuku Zacky

Amelia Sewaka 11 Feb 2018
Teuku Zacky dan keluarganya/ Foto: Instagram Teuku Zacky Teuku Zacky dan keluarganya/ Foto: Instagram Teuku Zacky
Jakarta - Kadang suka bingung mau ajak si kecil ke mana saat hari libur datang, baik itu weekend, libur panjang, maupun libur harpitnas (hari kejepit nasional). Ingin liburan jauh tapi anak masih terlalu kecil, mau yang dekat tapi rasanya kok males macet atau ramainya yang kebangetan. Hmm enaknya ke mana ya?

Nah, Teuku Zacky dan keluarga punya cara sederhana plus seru banget nih untuk liburan di sekitar Jakarta aja. Kayak apa sih cara sederhana dan seru liburan ala Teuku Zacky sekeluarga?

Jadi Teuku Zacky mengajak jalan istri dan anak-anaknya liburan untuk berkeliling Jakarta dengan menaiki kendaraan umum dan mendatangi beberapa tempat bersejarah di Jakarta. Momen tersebut diabadikan dalam galeri Instagram Teuku Zacky nih, Bun.

[Gambas:Instagram]



Teuku Zacky mengatakan dalam statusnya, ternyata seru juga melakukan sesuatu dengan cara tidak seperti biasanya. Iya, biasanya kan ke mana-mana naik kendaraan pribadi, nah saat libur nggak ada salahnya mencoba transportasi umum seperti commuterline dan bajaj. Ternyata seru juga, dan anak-anak juga suka karena punya pengalaman baru.



Terus nih kalau biasanya saat libur suka nge-mal, sesekali ajak anak ke Monas atau ke museum deh, Bun, seperti dilakukan Teuku Zacky. Nggak kalah seru lho.

Hal sederhana seperti ini selain menghibur anak-anak, secara nggak langsung kita juga jadi mengedukasi anak-anak dari mulai seluk beluk Jakarta dan sejarahnya, sampai gimana sih tata-cara naik angkutan umum. Kegiatan kayak gini juga bisa banget meningkatkan bonding antara ayah, ibu, dan anak.

[Gambas:Instagram]



Bicara soal bonding bareng anak, kadang nggak sedikit lho orang tua yang ya memang bareng sama anak tapi sebenarnya nggak benar-benar bonding. Bonding itu kalau kita berada dekat dengan anak dan tahu mereka secara mendalam.

"Bonding itu adalah waktu yang terikat. Jadi ada koneksi atau hubungan. Koneksi 1-2 orang yang mendalam. Jadi ketika kita bersua dengan anak, apa kita sudah tahu apa yang dibutuhkan anak, kita tahu dia secara mendalam?" tutur psikolog anak dan remaja, Irma Gustiana Andriani.



Nah, traveling seperti Teuku Zacky sekeluarga bisa jadi salah satu alternatif quality time biar bonding dengan anak makin oke. Psikolog Wikan Putri Larasati, MPsi, dari Biro Psikologi Castra Tangerang mengatakan orang tua perlu memahami bahwa tujuan dari quality time adalah mempererat hubungan atau keterikatan emosional dengan anak.

"Orang tua juga harus mengingat bahwa quality time berarti memberikan perhatian penuh kepada anak. Oleh karena itu, pastikan bahwa orang tua melakukan kontak mata ketika ngobrol sama anak," papar Wikan.

Jadi, apa rencana di weekend ini,Bun, bersama keluarga? Bisa dibagikan ceritanya ke kolom komentar ya, Bun. (aml/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi