aktivitas

Tips Menikmati Liburan di Musim Dingin Bareng si Kecil

Amelia Sewaka Senin, 20 Nov 2017 - 08.01 WIB
Tips Menikmati Liburan di Musim Dingin Bareng si Kecil/ Foto: thinkstock Tips Menikmati Liburan di Musim Dingin Bareng si Kecil/ Foto: thinkstock
Jakarta - Wah sebentar lagi udah bulan Desember nih, Bun. Anak-anak sekolah biasanya sudah memasuki masa-masa liburan . Nah, kalau Bunda mau ngajak si kecil liburan ke luar negeri dan kebetulan di negara tujuan lagi musim dingin, ada persiapan yang perlu banget kita lakukan nih.

Apa aja sih persiapan yang perlu kita perhatikan ketika liburan di musim dingin bareng si kecil biar liburan tetap menyenangkan dan anak merasa nyaman? Dirangkum HaiBunda, ini dia hal-hal yang bisa dilakukan sama Bunda dan Ayah.

1. Rencanakan Liburan dengan 'Matang'

Saat berlibur bareng anak pastinya persiapan akan lebih banyak dilakukan. Nah, ketika destinasinya bersuhu udara dingin, dari jauh-jauh hari kita perlu cek hotel tempat menginap, tempat hiburan yang bakal dituju termasuk jam operasionalnya, biaya masuk, dan ketersediaan keperluan yang diperlukan, misalnya stroller.

Untuk di perjalanan, jangan lupa bawa bantal untuk tidur anak juga selimut atau boneka. Dengan begitu, baik bunda dan ayah maupun anak bisa menikmati perjalanan jauh dengan nyaman. Biar anak nggak rewel karena bosan di perjalanan, boleh banget kita bawakan mereka mainan. Masukkan semua mainan dan 'hiburan' si kecil jadi satu kotak ya, Bun, biar rapi dan efisien.

Nah, sahabat HaiBunda, Neng yang tinggal di Belanda dan sering berlibur ketika datang musim dingin membagikan beberapa tipsnya nih. Kata Neng, lebih baik bawa uang lebih pas liburan di musim dingin karena bisanya kita akan lebih banyak menghabiskan waktu dan makan di luar.

"Biasanya makanan-makanan di musim dingin lebih mahal karena kadang makanan tertentu hanya dijual pas musim dingin saja. Terus yang paling penting selalu bawa dokumen atau surat penting untuk memudahkan kita bepergian di negara tujuan," kata Neng.

Tips Menikmati Liburan di Musim Dingin Bareng si KecilTips Menikmati Liburan di Musim Dingin Bareng si Kecil (Foto: Alex Ugalek)


2. Utamakan Keselamatan Saat Anak Main

Saat liburan di musim dingin, salah satu suasana yang disukai kebanyakan anak adalah bermain di salju. Nah, ketika anak main-main di salju kita harus tetap memprioritaskan keselamatan dan keamanan anak. Misalnya pas main ski pastikan anak pakai helm lalu minta anak pakai jaket pelampung ketika bepergian naik kapal.

Jangan lupa bawa first aid kid atau kotak P3K yang berisi obat untuk pertolongan pertama anak ketika cedera. Bawa resep obat atau perlengkapan medis khusus juga perlu kalau si kecil punya kondisi khusus seperti pada anak yang punya asma, inhaler penting banget dibawa. Sehingga, liburan anak tetap menyenangkan.

3. Bawa Pakaian Hangat

Saat berlibur di tengah musim dingin, kita wajib membawa pakaian hangat untuk anak. Snowsuit yang benar bisa membantu mencegah anak kena hipotermia dan radang dingin.

"Pada dasarnya ketika kita liburan saat musim dingin, pakaian harus berlapis supaya tidak sakit atau terluka apalagi buat anak-anak. Misal kita lupa bawa sarung tangan aja ini sangat bahaya. Kalau kita nggak pakaikan anak baju yang sesuai, mereka bisa cedera serius," kata Neng.

Pakaian yang wajib dibawa mulai dari pakaian dalam, sarung tangan, kupluk, jaket, kaos kaki, sepatu boot atau sepatu lars panjang dengan penutup sampai betis. Dengan begitu, anak tetap hangat dan liburannya pun nyaman.

Tips Menikmati Liburan di Musim Dingin Bareng si KecilTips Menikmati Liburan di Musim Dingin Bareng si Kecil (Foto: Firdaus Anwar/detikTravel)


4. Bawa Camilan yang Cukup

Ini hal yang nggak kalah penting, Bun. Bawa camilan sebanyak mungkin apalagi ketika menempuh perjalanan jauh. Tapi camilannya yang sehat ya. Sudah terbukti bahwa ngemil makanan terutama yang mengandung protein dan lemak bisa meningkatkan metabolisme dan sedikit meninggikan suhu tubuh. Sehingga, tubuh terasa lebih hangat.

Camilan yang bisa dibawa untuk anak misalnya kacang-kacangan, protein bar, granola atau havermut batangan dan keju. Jangan lupa, pastikan anak minum cairan yang cukup. Karena berada di musim dingin, membawa termos untuk bikin minuman hangat atau minimal memberi air putih hangat buat anak boleh juga lho.

Memenuhi kebutuhan cairan penting karena dalam kondisi dehidrasi kita, termasuk anak-anak lebih rentan mengalami hipotermia. Buah kemas kayak jeruk mandarin atau jus langsung minum juga bisa jadi pilihan.

"Nggak cuma pakaian, memperhatikan asupan makanan saat kita liburan di musim dingin juga penting. Perbanyak makan-makanan hangat berupa sup dan yang mengandung lemak sehat. Ini berfungsi memberi sedikit lemak di tubuh biar tahan terhadap cuaca dingin yang kadang bisa sangat ekstrem kayak turun salju berhari-hari," tambah Neng.

5. 'Perkakas' Tambahan

Pakaian tambahan, senter dengan baterai, selimut, kabel jumper, makanan ringan, pelembap bibir, dan losion anak bisa jadi perkakas tambahan yang perlu dibawa. Kalau selama di negara tujuan kita pakai mobil sewaan, pastikan tersedia cairan pembersih kaca depan ekstra dan sekop untuk mengantisipasi perjalanan tetap aman saat turun salju. Cek juga tekanan ban, rem, cairan dan sistem pendingin, juga lampu sebelum menempuh perjalanan.

Jadi, mau liburan ke negara dengan musim dingin mana nih, Bun? Kalau sudah ada rencana ke mana, jangan lupa bawa kartu travel ya. Untuk pilihannya, ada lho Mega Travel Card yang merupakan inovasi terbaru buat nasabah Bank Mega yang sering melakukan perjalanan. Bank Mega bersinergi dengan berbagai pihak antara lain Antavaya Tour dan unit usaha ritel lainnya di bawah CT Corps, Visa Worldwide Indonesia dan Corporate Partner lainnya.

Apa keuntungan yang bisa didapat pemegang Mega Travel Card? Di antaranya garansi nilai tukar terbaik, fleksibel dalam menukarkan mileage point seperti tiket five star airline, budget airlines, hotel, paket tour, paket umroh, cruise dan lainnya. Serta yang nggak kalah menarik, Bun, keuntungan sepanjang masa di CT Corp berupa diskon hingga 50 persen di perusahaan-perusahaan ritel yang tergabung di dalam CT Corp.


(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi