sign up SIGN UP search


parenting

Tak Perlu Banyak Barang, Ini 7 Item yang Wajib Dibawa Saat Ajak Anak Liburan

Asri Ediyati   |   Haibunda Kamis, 16 Jun 2022 21:00 WIB
Shot of a happy family out on a morning walk together caption
Jakarta -

Di penghujung Juni nanti, anak sekolah akan menikmati masa liburannya. Ya, mayoritas satuan pendidikan akan melakukan penilaian akhir semester pada pekan kedua dan ketiga bulan Juni 2022, Bunda.

Sementara, libur kenaikan kelas akan berlangsung pada pekan terakhir bulan Juni 2022 hingga pekan pertama bulan Juli 2022. Libur akhir semester genap di DKI Jakarta yaitu jatuh pada 27 Juni-9 Juli 2022. Bagaimana dengan sekolah Si Kecil?

Nah, Bunda sudah  buat rencana atau belum nih, akan liburan ke mana? Bicara soal liburan bersama anak, pastinya Bunda perlu menyiapkan daftar barang bawaan jauh-jauh hari sebelum berangkat.


Membawa perlengkapan anak untuk dibawa tentu tidak seperti orang dewasa, yang jauh lebih simple. Saat membawa anak berpergian, Bunda juga perlu siap menghadapi kebosanan anak di dalam transportasi, rewel karena kelelahan, atau bahkan perkelahian antara kakak dan adik.

Banner Bumil dan Janin LaparBumil dan Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Dari belasan bahkan puluhan barang yang daftar barang bawaan Bunda, ada beberapa barang yang sifatnya wajib dibawa. Nah, apa saja yang wajib dibawa? Berikut daftarnya.

1. Pakaian ganti

Pakaian basah karena keringat, muntah, tumpahan makanan. Bunda tidak bisa menebak apa yang terjadi saat dalam perjalanan membawa anak. Sebagai antisipasi, Bunda perlu membawa pakaian ganti anak. Terlebih, jika Bunda melakukan perjalanan jauh.

2. Popok atau penampung urine

Untuk Bunda yang membawa balita, popok sekali pakai menjadi barang wajib dibawa. Sementara, untuk anak yang lebih besar, penampung urine juga wajib dibawa jika melakukan perjalanan jauh dan tak ada toilet yang memadai di destinasi liburan Bunda.

3. Buku atau mainan favorit anak

Untuk mengusir kejenuhan selama perjalanan, Bunda bisa bawakan anak buku atau mainan favorit anak. Selain mengatasi kebosanan, buku atau mainan favorit bisa membuat si kecil merasa nyaman dalam perjalanan.

4. Camilan

Jangan lupa membawa camilan untuk anak ketika dalam perjalanan. Camilan ini berfungsi untuk 'mengganjal' perut ketika Bunda dan Ayah mencari restoran terdekat untuk disinggahi. Nah, jangan lupa juga untuk membawa camilan yang sehat dan rendah gula seperti buah, keripik sayur, dan lainnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga tips liburan aman tanpa kerumunan:

[Gambas:Video Haibunda]



BARANG WAJIB BAWA SAAT LIBURAN AJAK ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!