aktivitas

Video Haru Saat Anak Down Syndrome Karaoke Bareng Ibunya

Melly Febrida 21 Mar 2018
Video Haru Saat Anak Down Syndrome Karaoke Bareng Ibunya (Foto: Youtube/ Wouldnt Change a Thing) Video Haru Saat Anak Down Syndrome Karaoke Bareng Ibunya (Foto: Youtube/ Wouldn't Change a Thing)
Coventry - Menunjukkan rasa sayang ke anak-anak itu bisa dengan bermacam-macam cara ya Bun. Salah satunya adalah dengan membuat video. Nah, dalam rangka memperingati dan meningkatkan rasa kepedulian terkait Hari Down Syndrome Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Maret 2018, beberapa ibu merekam video tentang anaknya yang memiliki Down Syndrome.

Dalam pembuka video, diperkenalkan 50 ibu bersama anak-anaknya yang berusia 4-5 tahun dan memiliki Down Syndrome. Para ibu ini tergabung dalam kelompok di Facebook yang dikenal sebagai 'Gen Desainer'.

Kelompok Gen Desainer dibuat untuk orang tua yang memiliki anak dengan down syndrome yang lahir pada tahun 2013 dan 2014. Mereka berkumpul untuk menunjukkan kepada dunia Down Syndrome bukan halangan seseorang untuk tetap bahagia.

Rebecca Carless, salah satu ibu yang terlibat mengatakan gagasan video carpool karaoke tersebut muncul dari Singing Hands. Singing Hands adalah organisasi di Inggris yang videonya telah membantu banyak orang belajar Makaton untuk mendukung perkembangan komunikasi anak-anak. Makaton dirancang untuk membantu orang-orang yang kesulitan mendenga, sehingga komunikasi dilakukan menggunakan tanda-tanda dan simbol.

Dalam video, para ibu menggunakan bahasa isyarat dalam bernyanyi karaoke A Thousand Years di dalam mobil bersama anak-anaknya. Backsound A Thousand Years yang dinyanyikan Christina Perri terasa pas benar nih, Bun. Karena itu banyak yang merasa terharu melihat video tersebut. Katanya sih, Christina Perri sudah memberi izin menggunakan lagunya dan mendukung aksi mereka.

Ibu-ibu ini ingin menyampaikan pesan bahwa rasa sayang ibu ke anak-anaknya adalah rasa sayang yang sesungguhnya, nggak peduli meski anaknya lahir dengan Down Syndrome. "Kami sangat ingin semua orang melihatnya," kata Rebecca seperti dilansir BBC.

Video tersebut diupload pada hari Jumat pekan lalu dan sejak itu sudah ditonton lebih dari 100.000 di YouTube serta lebih dari satu juta kali di Facebook. Video ini pun telah menarik perhatian sejumlah publik figure, termasuk Phillip Schofield dan James Corden.

James Corden adalah pembawa acara 'Late, Late Show' dan juga penggagas program Carpool Karaoke bersama selebriti Hollywood. "Perhatikan dan bagikan video ini... Ini indah #wouldntchangeathing # WDSD18," tulis Phillip Schofield dikutip dari Hello Magazine.

Sementara James Corden mengatakan, "Ini adalah Karaoke Carpool yang paling indah, yang membuat saya menangis. #wouldntchangeathing."



Bahkan James turut membagikan video tersebut. Beberapa warganet yang menonton fokus pada pembuatan film, sementara yang lain sibuk menertawakan aksi si ibu.

Video ini juga ditonton oleh Christina Perri dan ia langsung membagikan video tersebut. "Ini adalah yang terbaik! Saya sangat merasa terhormat mereka memilih lagu saya! Hati saya begitu tersentuh! #wouldntchangeathing # WDSD2018," tulis Christina Perri di Twitter.

Down Syndrome ditemukan dokter dari Inggris, John Langdon Down. Normalnya manusia memiliki 23 pasang kromosom sehingga secara total jumlahnya 46 kromosom. Namu pada anak Down Syndrome, kromosom 21 berlebih satu sehingga yang seharusnya sepasang malah ada tiga.

Dengan demikian anak denganDown Syndrome memiliki kromosom berjumlah 47, dan biasa disebut trisomi 21. Akibat kelebihan kromosom ini, mereka menjadi lemah dan pertumbuhan fisiknya lambat.



Belum diketahui apa penyebab Down Syndrome. Cara pencegahannya juga belum bisa diketahui, Bun. Namun dokter spesialis kebidanan dan kandungan Rumah Sakit (RS) Universitas Gadjah Mada (UGM), dr Widya Dwi Astuti, SpOG menyebut Down Syndrome muncul bukan karena faktor keturunan.

Down Syndrome menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang anak. Kelainan ini dicirikan antara lain wajah yang khas seperti ras Mongoloid. Karena itu, Down Dyndrome sering juga disebut Sindrom Mongolisme. Demikian dikutip dari detikHealth.

[Gambas:Youtube]

(aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi