aktivitas

Ide Main Seru Agar si Kecil Nggak Lekat dengan Gadget

Melly Febrida 16 Apr 2018
Ide Main Seru Agar si Kecil Nggak Lekat dengan Gadget/ Foto: Nurvita Indarini Ide Main Seru Agar si Kecil Nggak Lekat dengan Gadget/ Foto: Nurvita Indarini
Jakarta - Nak, gadget seperti handphone itu bukan mainan. Itu adalah alat kerja dan alat mencari informasi. Kalau mau main, yuk kita lakukan permainan yang seru.

Ya, Bun, jangan biarkan anak menghabiskan sebagian besar waktunya dengan gadget ya. Tentu menggunakan gadget boleh-boleh saja, tapi harus tahu waktu juga. Nah, agar anak nggak lekat berlebihan dengan gadgetnya, bukan larangan saja sih yang harus kita sampaikan, tapi pilihan kegiata seru yang bisa dilakukan anak.

Nah, berikut ini beberapa ide main seru agar si kecil nggak lekat dengan gadget, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Bermain Beras

Bermain beras bisa jadi sarana permainan sensori, Bun. Agar lebih menarik, kita bisa gunakan pewarna makanan untuk mewarnai beras. Tambahkan beberapa tetes ke sekitar empat cangkir beras dan aduk.

Untuk efek pelangi, bunda bisa membuatnya dalam berbagai warna. Biarkan beras mengering, lalu tuang ke dalam wadah (bisa pakai wadah lasagna). Lalu berikan anak beberapa cangkir kecil dan saringan, kemudian biarkan dia menyentuh, mengisi, menyaring dan menuangkan sesuka hatinya.

Jangan lupa simpan kembali berasnya seusai bermain dengan baik ya, Bun. Karena masih bisa kita gunakan di kemudian hari. Lagipula sayang kan, kalau nggak disimpan, setiap mau main harus ambil beras baru.

Ide Main Seru Agar si Kecil Nggak Lekat dengan Gadget/Ide Main Seru Agar si Kecil Nggak Lekat dengan Gadget/ Foto: ilustrasi/thinkstock


2. Buat Pasir Sendiri

Bunda tidak perlu tinggal di dekat pantai untuk membuat istana pasir. Cukup campurkan delapan cangkir tepung terigu dengan satu cangkir minyak untuk membuat pasir yang lembut agar anak bisa menggali dan membuat istana bersama.

Gunakan baki plastik besar dan gelas plastik atau kertas kecil untuk membuat istana. Pasti menyenangkan. Biar nggak ada perasaan sayang karena anak pakai bahan makanan untuk mainan, bisa pakai tepung terigu yang sudah kedaluwarsa, Bun.

3. Menyortir

Beri anak sebuah wadah berisi kancing atau manik-manik dan wadah yang kosong. Kemudian mintalah anak memilah berbagai item menjadi beberapa kelompok, baik sesuai warna atau ukuran.

Jika anak sudah agak besar dan memiliki keterampilan koordinasi, cobalah bola pom-pom kecil dan berikan pinsetnya untuk mengambil dan menyortirnya.

Ide Main Seru Agar si Kecil Nggak Lekat dengan Gadget/Ide Main Seru Agar si Kecil Nggak Lekat dengan Gadget/ Foto: Nurvita Indarini


4. Lukisan Bebas

Semprotkan beberapa cat langsung ke tas ziplock, lalu tutup dan kencangkan serta amankan menggunakan solasi. Biarkan anak Anda memencet tas ziplock berisi cat dengan tangannya, lalu anak bisa membuat pola dan mencampur warna cat yang berbeda secara bersama-sama.

5. Buat Cetakan Gelembung

Bunda punya plastik bubble wrap? Cobalah potong plastik bubble wrap menjadi beberapa bentuk seperti hati, lingkaran, kotak, segitiga, persegi panjang dan huruf.

Bubble yang berbentuk-bentuk itu bisa untuk cap dengan warna. Biarkan si kecil melukis dengan bubble wrap di sisi bergelombang dan cap ke atas kertas. Pasti menyenangkan.

6. Kocok-kocok

Isi beberapa wadah plastik kosong atau toples dengan pasta kering, beras, kacang polong atau jagung. Anak akan menikmati eksperimen dengan suara yang berbeda yang dibuat masing-masing pengocok tergantung isinya dan seberapa banyak wadah terisi.

Pastikan Bunda memakai selotip untuk menahan tutup wadah agar isinya nggak berantakan ya, Bun.

Ide Main Seru Agar si Kecil Nggak Lekat dengan Gadget/Ide Main Seru Agar si Kecil Nggak Lekat dengan Gadget/ Foto: Radian Nyi S


7. Jadi Ratu atau Raja Sehari

Bantu si kecil membuat mahkota menggunakan karton polos, memotongnya, dan kemudian mengukurnya agar sesuai dengan kepalanya. Si kecil bisa menggunakan cat, glitter, bulu, kancing dan 'permata' plastik untuk menghiasnya, Bun. Mungkin juga si kecil ingin membuatkan mahkota setiap anggota keluarga. Wah, manis banget, Nak. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi