sign up SIGN UP search


parenting

4 Tips Melatih Anak Berbuat Kebaikan, Dimulai dari Main Bersama Yuk Bun

Annisa Karnesyia Rabu, 24 Nov 2021 10:39 WIB
Anak bermain Ilustrasi Bermain Bersama Anak untuk Melatih Berbuat Kebaikan/ Foto: iStock
Jakarta -

Siapa sih orang tua yang enggak mau anaknya tumbuh menjadi orang baik? Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anak-anaknya dan bisa berbuat kebaikan untuk orang di sekitarnya.

Nah, Bunda bisa mulai mengenalkan cara berbuat kebaikan (kindness) ini pada anak sejak dini atau mulai usia 2 tahun lho. Caranya dengan menghabiskan waktu bersama tanpa gadget. Ketika anak berusia 5 tahun, Bunda mulai bisa mengajarkannya makna kebaikan.

"Kindness perlu diajarkan pada anak sejak dini, dimulai dari kehidupan bersama orang tua di dalam keluarga," kata Psikolog Anak Anastasia Satriyo, M.Psi dalam acara Media Gathering Early Learning Centre, di Signatures Restaurant Hotel Indonesia Kempinski, Kamis (11/11/21).


Anastasia menjelaskan bahwa anak belajar kebaikan lewat quality time dan mencontoh role model orang tuanya. Kalau anak sering mengalami langsung melalui permainan,ini akan jauh mudah dikenalkan tanpa dipaksa.

Banner Ricky Soebagdja dan istri

"Ajarkan anak melalui permainan yang menyenangkan dan tidak memaksa. Hal ini akan membuat anak ingat akan memiliki keinginan untuk mengulang berbuat baik ke depannya," ujar Anastasia.

Setidaknya, Bunda perlu menghabiskan 20 sampai 40 menit untuk menemani anak bermain guna mengajarkan kebaikan ya. Di waktu ini, kita perlu memposisikan diri sebagai teman bermain.

Saat melakukan aktivitas bersama, berikan contoh kebaikan. Ingat ya, anak tidak akan bisa melakukan sesuatu kalau belum dicontohkan orang tuanya.

"Penelitian banyak menunjukkan bahwa momen belajar didapat dari bermain. Jadi, anak butuh orang tua buat menemani dia main," ungkap Anastasia.

Dalam kesempatan ini, Anastasia juga berbagi tips-tips melatih anak untuk berbuat kebaikan dari aktivitas bermain, Bunda. Apa saja ya tipsnya ya?

Selengkapnya bisa baca di halaman berikutnya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
TIPS MELATIH ANAK UNTUK BERBUAT KEBAIKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!