aktivitas

Cara Ini Ampuh Bangunkan Anak Zaskia Mecca Saat Sahur

Radian Nyi Sukmasari 17 Mei 2018
Cara Ini Ampuh Bangunkan Anak Zaskia Mecca Saat Sahur/ Foto: Instagram Zaskia Mecca Cara Ini Ampuh Bangunkan Anak Zaskia Mecca Saat Sahur/ Foto: Instagram Zaskia Mecca
Jakarta - Masing-masing anak bisa punya permintaan sendiri ketika mereka ingin dibangunkan sahur. Termasuk juga anak-anak Zaskia Adya Mecca, Sybil (8) dan Kala (5). Cara yang ditawarkan Sybil dan Kala pada bundanya terbilang unik deh, Bun.

Di akun Instagram-nya, istri Hanung Bramantyo ini menceritakan Sybil bilang ke bundanya misalkan dirinya nggak bangun saat sahut, tolong tarik kakinya saja. Bahkan, Sybil meminta bundanya menyeret dia sampai bangun.

"Entah ide dari mana tapi masya Allah pas dibangunin sekali dia buka mata lalu senyum," ujar Zaskia Adya Mecca.

Nah, gimana dengan adiknya Sybil yaitu Kala? "Kalau aku nggak bangun, guling-gulingin aku sampe jatuh dari tempat tidur ya biar aku bangun. Masya Allah semangatnya, Nak! Alhamdulillah jam 2.30 dia bangun sendiri di saat semua lagi masak. Good job Kals!" tulis Zaskia Mecca.

[Gambas:Instagram]





Ada yang lucu nih, Bun, dari Kala. Saat ditanya bundanya apakah mau puasa sampai sore atau tidak dia langsung bilang, 'Eh, nggak aku mau minum.' Hi-hi-hi, ada-ada aja ya tingkahnya Kala.

[Gambas:Instagram]


Soal membangunkan anak sahur, masing-masing orang tua pasti punya cara tersendiri. Hal ini juga pastinya dikaitkan dengan kebiasaan tiap anak. Nah, kalau melihat umur Kala dan Sybil yaitu 5 dan 8 tahun, mereka sudah bisa kok dilatih berpuasa. Terutama untuk si adik, Kala memang baiknya latihan puasa dilakukan bertahap ya, Bun. Nah, sebenarnya di umur berapa sih anak udah bisa dilatih berpuasa?

"Umur berapa aja boleh disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan dia. Buat anak happy saat puasa, puji dia katakan 'wah bagus kamu sudah bisa tahan puasa, yuk coba setengah jam lagi'. Jangan malah diancam, kasih anak reward, pujian, dan penghargaan supaya happy," kata dr Soedjatmiko SpA(K) dikutip dari detikHealth.

Sementara itu, dr Marissa Pudjiadi SpA dari RS Premiere Jatinegara bilang puasa harus dilatih secara bertahap. Soalnya, pada anak waktu pengosongan lambung bisa lebih cepat dari orang dewasa sehingga sebelum waktu 4 jam makanan bisa sudah habis seluruhnya dari lambung.

"Selain itu, anak memiliki cadangan energi yang lebih rendah dari dewasa sehingga anak kecil yang langsung puasa penuh ditakutkan gula darahnya akan turun. Tetapi dengan cara bertahap, puasa akan tetap aman untuk anak," kata dr Marissa.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi