aktivitas

Begini Cara Ampuh Agar Anak Mau Beralih dari Gadget

Niken Widya Yunita 04 Jun 2018
Begini Cara Ampuh Agar Anak Mau Beralih dari Gadget/ Foto: Thinkstock Begini Cara Ampuh Agar Anak Mau Beralih dari Gadget/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Kalau sejak dini sudah terpapar gadget, apalagi nggak diberi batasan penggunaannya, jangan heran saat si kecil seolah sulit terlepas dari gadget, Bun. Nggak cuma handphone lho ya, tapi juga peralatan elektronik dengan layar seperti televisi.

Sebenarnya boleh-boleh saja mengizinkan anak menggunakan gadget. Tapi sayangnya kadang kita juga terlena, merasa keenakan dengan gadget, sehingga tanpa disadari gadget jadi 'pengasuh' yang siap menenangkan anak kapan saja.



Nah, bagaimana cara kita membuat anak agar mau beralih dari gadgetnya? Psikolog anak dari Klinik Anakku di Kelapa Gading, Feka Angge Pramita, mengatakan cara beralih anak yang diyakini ampuh membuat anak-anak melepaskan gadgetnya adalah dengan mengajak bermain permainan lucu. "Cari permainan lucu seperti tepuk jempol dan tebak-tebakan," ujar Feka seperti ditemui baru-baru ini.

Begini Cara Ampuh Agar Anak Mau Beralih dari Gadget/Begini Cara Ampuh Agar Anak Mau Beralih dari Gadget/ Foto: Thinkstock


Menurut Feka, dalam permainan itu, anak-anak dan orang tua dapat tertawa bersama-sama. Anak-anak kan suka hal yang lucu-lucu tuh, Bun. Jika kegiatan yang ditawarkan pada anak menarik, tentu perhatian anak akan beralih dari gadget.

Tapi kita sebagai orang tua harus punya keyakinan dan niat kuat dulu, Bun, untuk menyapih anak dari gadget. Jadi saat berusaha mengalihkan anak dari gadget bukan persoalan anak semata, melainkan kita juga lho sebagai orang tuanya.

"Pertama orang tua harus yakin. Kedua, kalau kita mau ngurangin gadget, kurangi secara perlahan. Nggak tiba-tiba langsung diambil gitu gadget-nya. Karena anak akan merasa ada sesuatu yang hilang, dicabut dari hidupnnya," ujar psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo atau akrab disapa Anas, beberapa waktu lalu.

Begini Cara Ampuh Agar Anak Mau Beralih dari Gadget/Begini Cara Ampuh Agar Anak Mau Beralih dari Gadget/ Foto: Thinkstock


Senada dengan Feka, Anas juga menyarankan untuk mencari kegiatan alternatif yang asyik untuk menggantikan aktivitas main gadget, Bun. Khusus untuk anak balita, mereka lagi suka-sukanya berhubungan sama orang lain nih. Jadi aktivitas kayak main ular tangga bareng orang tua, cuddling, atau dibacain cerita, bisa bikin dia senang, dan meninggalkan gadgetnya. Coba yuk!

Gadget dan Mata Anak

Menatap layar terlalu lama, baik itu handphone, komputer, atau televisi, bisa membebani kerja mata lho, Bun. Karena itu dr Gunawan Sugiarto, SpA, menyarankan agar anak nggak terlalu lama menatap layar.

Menurutnya, untuk anak usia 6 tahun ke atas, bisa diberikan waktu mengakses gadget dua jam dalam sehari. Tapi jangan langsung 2 jam dalam sekali waktu.



"Main sejam pagi, kemudian matanya lihat-lihat sekeliling biar nggak rusak. Kemudian main lagi satu jam sore," kata dokter yang berpraktik di RS Hermina Depok ini.

Mengalihkan mata dari gadget merupakan salah satu cara mengistirahatkan mata, Bun. dr Florence M. Manurung, SpM dari Jakarta Eye Center Kedoya menuturkan cara mengistirahatkan mata yang bisa kita dan anak lakukan adalah dengan melihat objek jauh selama 10 menit.

Begini Cara Ampuh Agar Anak Mau Beralih dari Gadget/Begini Cara Ampuh Agar Anak Mau Beralih dari Gadget/ Foto: ilustrasi/thinkstock


"Melihat benda yang jauh juga mengembalikan fokus mata kembali normal karena sebelumnya terlalu fokus ke layar," kata dr Florence seperti dikutip dari detikHealth.

Terkait waktu mengakses gadget, durasinya memang nggak bisa dipukul rata untuk semua anak ya, Bun. Kenapa? Karena perkembangan anak tiap usia berbeda.

Untuk anak usia 6 tahun ke atas, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan adanya pembatasan penggunaan layar gadget. Nah, pembatasannya tergantung masing-masing anak dan keluarga. Ada yang dua jam cukup, tapi ada juga yang satu jam cukup. (nwy/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi