aktivitas

Fakta Menarik tentang Jakarta yang Bisa Diberitahukan pada Anak

Nurvita Indarini Jumat, 22 Jun 2018 - 15.49 WIB
Fakta Menarik tentang Jakarta yang Bisa Diberitahukan pada Anak/ Foto: Lamhot Aritonang Fakta Menarik tentang Jakarta yang Bisa Diberitahukan pada Anak/ Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Apakah si kecil tahu hari ini Jakarta berulang tahun ke-491? Ya, kota Jakarta berulang tahun pada hari ini, 22 Juni.

Nah, dalam momen ulang tahun kota Jakarta, ada beberapa fakta menarik tentang Jakarta yang bisa kita beritahukan pada anak. Apa saja? Yuk, disimak bersama.

1. Berganti-ganti Nama

Sebelum dikenal luas sebagai Jakarta, kota ini punya banyak nama lho. Mulanya, Jakarta dikenal dengan nama Sunda Kelapa. Nama ini digunakan sampai tahun 1527.

Nah, selanjutnya sejak 1527 sampai 1619, namanya berganti menjadi Jayakarta. Selanjutnya namanya diubah-ubah lagi, Sta Batavia, Gementee Batavia, dan Stad Gementee Batavia.

Di masa kependudukan Jepang, sempat diubah lagi namanya menjadi Betsu Shi. Lalu berubah menjadi Djakarta. Beberapa tahun setelah kemerdekaan Indionesia, namanya menggunakan ejaan baru: Jakarta.



2. Maskot Jakarta yang Sesungguhnya

Monumen Nasional (Monas) boleh menjadi salah satu ikon kota Jakarta. Tapi maskot Jakarta yang sesungguhnya bukan Monas lho, melainkan burung elang bondol dan salak condet.

Bus TransJakarta adalah yang menggunakan maskot Jakarta ini sebagai simbolnya. Penetapan elang bondol dan salak condet sebagai maskot Jakarta dilakukan pada 1989 silam.

Konon elang bondol masih bisa ditemukan di pulau-pulau kecil di Kepulauan Seribu. Sedangkan salak condet adalah salak asli Jakarta yang rasanya asam manis dan dulu banyak ditemukan di kawasan Condet. Sayang, kini salak tersebut tinggal kenangan.

3. Bukan Sekadar Kota

Ya, Jakarta bukan sekadar kota. Jakarta adalah provinsi. Karena itulah, Jakarta memiliki status khusus: Daerah Khusus Ibukota. Karena provinsi, maka kepala pemerintahannya bukanlah wali kota, melainkan gubernur.



4. Salah Satu Kota dengan Mal Terbanyak

Ada lebih dari 170 mal di Jakarta. Hal ini membuat Jakarta menjadi salah satu kota di dunia dengan jumlah mal terbanyak.

Setiap mal memiliki konsep-konsep unik. Nggak heran banyak yang menjadikan mal sebagai tempat paling tepat untuk hang out, mengatasi stres dan depresi.

Sebuah data menyebut rata-rata orang Jakarta menghabiskan sekitar tiga jam setiap kali ke mal.

5. Punya Julukan 'The Big Durian'

Orang Indonesia, terutama yang tinggal di Jakarta, mungkin nggak banyak yang tahu Jakarta punya nama julukan 'The Big Durian'. Tapi nama julukan ini banyak dikenal kalangan ekspatriat dan wisatawan asing lho.

Di situs tanya jawab online, Quora, pria asal Kanada, Michael Barnard, berpendapat julukan The Big Durian untuk Indonesia mirip The Big Apple untuk New York.

"Durian itu buah berbau menyengat yanng berasal dari daerah ini (Jakarta) dan sangat disukai oleh mayarakat lokal, tapi sangat mengganggu penciuman orang yang tidak tumbuh besar mengenal durian," ujar Michael.

Masih di situs yang sama, seorang netizen, Eva, mengatakan durian memang bau, tapi rasanya enak. Jadi di balik hal-hal yang dirasa nggak nyaman di Jakarta, ada banyak hal menyenangkan yang dirasakan.

Bunda punya fakta lainnya yang bisa kita bagikan pada anak terkait ulang tahun kota Jakarta ke-491?

Saksikan juga video 'Meriahnya Dekorasi Balai Kota dalam Perayaan HUT DKI Ke-491':

[Gambas:Video 20detik]

(vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi