sign up SIGN UP search


parenting

5 Cara Sederhana Beri Contoh Baik pada Anak

Maya Sofia Senin, 27 Apr 2020 08:04 WIB
ilustrasi ibu dan anak caption
Jakarta - Mulut sudah lelah berbicara, namun si kecil tak kunjung menurut pada Bunda. Ketimbang memberi tahunya dengan kata-kata, Bunda bisa memberinya contoh yang baik lewat perilaku Bunda sendiri.

Semakin banyak perbuatan baik yang Bunda lakukan di depan anak-anak, mereka akan semakin memperhatikan dan bahkan meniru perilaku kita. Tak perlu melakukan perbuatan baik yang besar, hal-hal sederhana yang Bunda lakukan pun bisa menjadi contoh yang baik bagi sang buah hati.


Berikut lima hal sederhana yang bisa Bunda lakukan untuk memberi contoh baik pada anak dikutip dari Parents, Minggu (26/4/2020).


1. Mengirim kartu

Dalam kondisi pandemi COVID-19 dan lockdown seperti ini, Bunda bisa mengirim kartu berisi tulisan dukungan yang menginspirasi kepada para sahabat.

Ajak anak untuk menulis isi kartu tersebut bersama-sama dan beri kesempatan pada mereka untuk membubuhkan nama mereka di atasnya.

2. Memasukkan uang kembalian ke kotak sumbangan

Ketika Bunda mendapat kembalian recehan, masukkan uang tersebut ke dalam kotak sumbangan yang biasanya berada di sekitar toko. Libatkan anak untuk turut serta memasukkan uang recehan tersebut.

3. Buat kue untuk staf di sekolah anak

Membuat kue bersama anakMembuat kue bersama anak. (Foto: Getty Images/filadendron)

Libatkan anak untuk bersama-sama membuat kue tersebut. Setelah itu kirim kue-kue tersebut kepada para staf di sekolah anak.

4. Menahan pintu

Menahan pintu bagi orang lain memang terdengar sederhana ya, Bun. Namun menahan pintu bagi orang yang berjalan di belakang Bunda membantu anak belajar mendahulukan kepentingan orang lain dibanding diri sendiri.

5. Sumbang buku dan mainan

Terkadang anak sulit melepas barang-barang milik mereka, seperti buku dan mainan. Namun tak ada salahnya mengajarkan anak untuk mulai menyumbang buku dan mainan mereka.

Bunda bisa menjelaskan kepada si kecil bahwa buku dan mainan milik mereka akan diberikan pada anak-anak lain.


Simak juga cara mendidik anak agar tidak menjadi korban bullying dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi