aktivitas

Si Kecil Suka Main Air, Bun? Ini Dia Manfaatnya

Nurvita Indarini Selasa, 10 Jul 2018 - 10.45 WIB
Ilustrasi anak main air/ Foto: Thinkstock Ilustrasi anak main air/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Main air adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan bagi si kecil. Nggak heran, saat main air anak bisa betah banget. Siapa hayo yang anaknya hobi main air?

Anak saya yang umurnya empat tahun anteng banget saat dikasih ember-ember berisi air dan botol bekas air mineral. Main tuang-tuang air saja bisa begitu mengasyikkan buatnya. Sedangkan keponakan saya, selalu menghabiskan lebih dari satu jam untuk mandi karena sambil main air.

Konsekuensi anak main adalah bajunya basah sehingga kalau main airnya sering, berarti ganti bajunya juga sering. Selain itu akan bikin becek halaman rumah, alhasil bukannya bersih, badan si kecil malah jadi kotor.

Anak belajar dari bermain, termasuk saat mereka bermain air. Nah, Bun, yuk simak manfaat bermain air bagi anak.

1. Mengenal Alam dan Matematika

Hanya dengan bermain air, kita bisa mengenalkan tentang ilmu alam dan matematika pada anak lho. Misalnya nih, kita bisa minta anak memegang dan merasakan air sembari memberi pemahaman bahwa air berbentuk cair, karena itu bentuknya akan selalu mengikuti wadahnya. Demikian dikutip dari Family Lives.

Nah, air juga bisa diukur berdasarkan ukuran wadahnya. Kita bisa memberikan gelas ukur pada anak untuk mengetahui ukuran air.

2. Membangun Kekuatan

Berenang juga bermain air. Nah, berenang bisa membantu anak membangun kekuatan. Saat mereka menggerakkan tubuhnya di dalam air, maka akan butuh lebih banyak kekuatan otot.

Berenang juga membantu anak belajar koordinasi tubuh. Jadi ketika berenang, tentu anak akan menggerakkan tubuhnya. Nah, bergerak di air tidak semudah bergerak di tempat tanpa air, karena itu anak akan belajar mengoordinasikan setiap sisi tubuhnya, seperti dikutip dari Essensial Baby.



3. Termotivasi Main di Luar

Saat main air, umumnya anak melakukannya di luar ruangan. Nah, bermain di luar ruangan punya banyak dampak positif bagi anak.

Interaksi dengan alam bisa memengaruhi perilaku, performa akademik, dan kemampuan sosial bagi anak. Selain itu bermain di luar juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.



Bayu Wijanarko, ELC toys expert beberapa waktu lalu bilang bermain di luar bermanfaat untuk motorik kasar anak. "Kenapa harus melatih motorik kasar? Karena ada otot-otot di kaki dan tangan kita yang secara fungsional akan meningkatkan kinerja otak kita," ujar Bayu.

Oh iya, terkait kemampuan sosial, ini bukan hanya untuk berkomunikasi dengan orang lain, Bun, tapi sebenarnya anak juga melatih dirinya untuk bisa bicara dengan dirinya sendiri.

4. Mengurangi Stres

Karena dunia anak adalah dunia bermain, dengan bermain anak bisa mengurangi level stresnya. Ya, kalau permainannya tepat dan sesuai usia tentu bisa mengurangi stres anak.

"Main air adalah pilihan yang tepat untuk permainan tak berstruktur," ujar psikolog klinis, Dr Suzy Green.

Main air sudah dilakukan anak-anak sejak dulu. Mungkin saat masih kecil dulu, ayah dan bunda juga termasuk anak yang suka main air. Ya, main air memang bisa dibilang permainan yang nggak lekang oleh waktu.

"Dengan main air, anak bisa memuaskan rasa ingin tahu, tertawa, dan bermain. Ini semua karakter anak yang sangat penting," imbuh Suzy. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi