aktivitas

Fakta Menarik Timnas Inggris yang Bisa Bunda Beri Tahu ke Anak

Amelia Sewaka Rabu, 11 Jul 2018 - 15.56 WIB
Fakta Menarik Timnas Inggris yang Bisa Bunda Beri Tahu ke Anak/ Foto: Carl Recine/Reuters Fakta Menarik Timnas Inggris yang Bisa Bunda Beri Tahu ke Anak/ Foto: Carl Recine/Reuters
Jakarta - Bagi Bunda penggemar sepakbola dan penggemar berat tim Inggris pastinya lagi senang-senangnya ya. Pasalnya, dini hari nanti Inggris akan melawan Kroasia untuk memperebutkan tiket babak final Piala Dunia 2018 melawan Prancis.

Ngomong-ngomong soal timnas Inggris, ada nih beberapa fakta seru soal tim Inggris yang HaiBunda rangkum dari berbagai sumber khusus untuk Bunda. Supaya, Bunda bisa beri tahu ke si kecil sehingga wawasan mereka tentang Three Lions bertambah. Siapa tahu nanti anak juga ngefans nih, Bun, sama Three Lions.

Nah ini dia fakta menariknya. Yuk simak bersama, Bun.



1. Makna 'Three Lions'
Fakta Menarik Timnas Inggris yang Bisa Bunda Beri Tahu ke AnakFoto: Reuters

Sejak Piala Dunia dimulai pada 1950, Inggris hanya gagal lolos tiga kali. Yang pertama di tahun 1974 ketika tim Inggris dikalahkan Polandia. Kegagalan kedua terjadi empat tahun kemudian pada tahun 1978 ketika Inggris dikalahkan Italia. Terakhir kali tahun 1994, Inggris kalah dari Belanda. Nah, Three Lions merujuk pada tiga kegagalan yang dialami timnas Inggris di Piala Dunia.

2. Sempat Tak Punya Stadion Kandang

Fakta Menarik Timnas Inggris yang Bisa Bunda Beri Tahu ke AnakFoto: Matthew Childs/Action Images via Reuters

Dari saat tim Inggris terbentuk pada 1870 hingga 1923, mereka tidak memiliki stadion rumah atau tempat latihan sendiri. Bahkan setelah Inggris bergabung dengan FIFA pada tahun 1906 mereka belum punya stadion rumah sendiri, Bun. Hingga 17 tahun kemudian di tahun 1923 berdirilah Stadion Wembley yang menjadi 'home pitch' klub. Wembley tetap menjadi stadion rumah Inggris hingga hari ini.

3. Kandidat 'Golden Boot'

Fakta Menarik Timnas Inggris yang Bisa Bunda Beri Tahu ke AnakFoto: dok. Instagram

Saat ini, kapten Inggris Harry Kane disebut sebagai salah satu pesaing utama untuk penghargaan the Cup's Golden Boot award. Kane telah mencetak enam gol sepanjang turnamen yang membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak turnamen. Tentunya nggak aneh bila Kane akan jadi pemain hebat ya, Bun. Sekolah Kane juga sama lho dengan David Beckham yakni Chingford Foundation School di London Borough of Waltham Forest.

4. 'Merdeka' di Tahun 1966

Bermain di kandang sendiri pasti memberi Inggris satu keuntungan dalam ajang Piala Dunia 1966. Dimulai di babak penyisihan grup, tim tidak kebobolan satu gol sampai pertandingan semifinal melawan Portugal. Ada 97 ribu orang menyaksikan pertandingan final di mana Inggris melawan Jerman Barat, termasuk Ratu dan Duke of Edinburgh.

5. Punya Pelatih yang Tampil Rapi

Fakta Menarik Timnas Inggris yang Bisa Bunda Beri Tahu ke AnakFoto: Getty Images

Mantan pemain Inggris Gareth Southgate mungkin bukan nama yang paling dikenal dalam permainan ini, tetapi ia memimpin tim Inggris ke puncak grup di babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Selain itu seperti yang kita lihat, pelatih Gareth Southgate adalah manajer berpakaian terbaik di Piala Dunia. Gimana nggak, selama timnya bertanding Gareth Selalu terlihat memakai setelan celana, rompi, dan dasi merah, putih, dan biru. Southgate baru-baru ini menjadi subjek dari meme 'It's coming home'. Sebelum melatih tim nasional, ia menghabiskan sebagian besar karirnya sebagai pemain Aston Villa dan melatih timnas Inggris U-21.

6. Pelatih Asing

Dalam sejarahnya, timnas Inggris hanya memiliki dua pelatih yang tidak berasal dari Inggris. Yang pertama adalah Sven-Goran Erriksson dari Swedia dari 2001 hingga 2006. Yang kedua adalah manajer Italia Fabio Capello dari tahun 2008 hingga 2012.

7. 'Bintang' di Tim Inggris

1. Kyle Walker
Posisi: Bek, Klub: Manchester City

2. Harry Kane
Posisi: Kapten dan striker, Klub: Tottenham Hotspur

3. Gary Cahill
Posisi: Bek, Klub: Chelsea

4. Eric Dier
Posisi: Gelandang, Klub: Tottenham Hotspur

5. Dele Alli
Posisi: Gelandang, Klub: Tottenham Hotspur



8. Timnas Populer

Fakta Menarik Timnas Inggris yang Bisa Bunda Beri Tahu ke AnakFoto: Reuters

Dengan meningkatnya liputan televisi pada tahun 1960-an, permainan sepakbola di Inggris menjadi lebih populer dari sebelumnya. Bahkan para pemain sepakbola ini dapat ikut mengiklankan penerbangan komersial dan mendapat fasilitas lebih baik. Tahun 1960-an, bisa dibilang jadi masa kejayaan timnas Inggris. Pada tahun 1966 mereka mencapai puncak kesuksesan dengan memenangkan Piala Dunia dan konsisten bermain setiap empat tahun.

9. Punya Pemain yang Mumpuni

Pada tahun 1992, hanya ada 11 pemain non-Inggris atau Irlandia di Liga Premier. Tetapi jumlah itu meningkat menjadi lebih dari 250 pemain asing selama musim 2009-2010. Ini bukti bahwa Inggris lebih mampu menggaet pemain kelas dunia dengan kontrak menggiurkan jutaan dolar setiap musim. Misalnya, Eric Cantona, Ruud Gullitt, dan Arsene Wenger terpikat untuk bermain di Inggris.

Sir Stanley Matthews adalah pemain bintang Inggris pertama. Dia adalah pemenang pertama Europe's Football Player of the Year Award. Bobby Charlton adalah seorang pencetak gol legendaris dan pencetak gol yang dikenal karena keakuratannya. Dia adalah pemain terbaik di Piala Dunia 1966.

Ada lagi Kevin Keegan yang mungkin telah melampaui Charlton sebagai pencetak gol. Striker terkenal ini mencetak 217 gol dalam 559 pertandingan. Gary Lineker juga menjadi salah satu pemain terbaik dengan mencetak 10 gol dalam dua turnamen.

Sementara itu, ada David Beckham yang jadi pemain paling terkenal di Inggris. Selain kemampuannya yang spektakuler dalam menembak bola ke gawang lawan, Beckham juga termasuk daftar selebritis internasional dan jadi incaran paparazzi di mana-mana.

Nah, Bunda juga termasuk fans tim Inggris dan punya info menarik lainnya? Yuk share di kolom komentar, Bun. yang Perlu Diketahui Anak soal negara Inggris

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi