aktivitas

Simak Hal Ini Jika Anak Hobi Main Squishy Seperti Harper Beckham

Radian Nyi Sukmasari 11 Jul 2018
Harper Beckham/ Foto: Instagram Harper Beckham/ Foto: Instagram
Jakarta - Putri bungsu David Beckham dan Victoria, Harper Seven Beckham baru aja berulang tahun yang ke-7. Seperti anak-anak lain, Harper rupanya punya mainan favorit nih, Bun, yaitu squishy. Nggak heran di hari ulang tahunnya Harper Beckham dapat banyak hadiah squishy.

Hal ini terlihat di Instagram Story Victoria Beckham. Mantan personel 'Spice Girl' ini mengunggah foto squishy dengan beragam bentuk dan ukuran. Victoria menulis squishy yang jumlahnya nggak cuma satu itu adalah sebuah kesuksesan besar.

"Hadiah favorit Harper," tulis Victoria. Wah, Harper Beckham rupanya juga hobi main squishy nih, Memang ya, Bun, saat ini squishy bisa jadi salah satu mainan favorit anak-anak. Nah, ada beberapa hal soal main squishy yang perlu Bunda tahu terlebih kalau si kecil sama kayak Harper, hobi main squishy, he-he-he.



Simak Hal Ini Jika Anak Hobi Main Squishy Seperti Harper BeckhamFoto: ist


Ini dia hal-hal seputar main squishy yang perlu Bunda simak:

1. Perhatikan Kualitas Squishy

Dokter spesialis anak RSUD Dr Soetomo Surabaya, dr Meta Hanindita, SpA berpesan buat orang tua untuk memperhatikan kualitas squishy yang dibeli. Pilih squishy dengan bahan cat yang aman dan tidak bersifat toksik. Mainan yang aman, kata dr Meta biasanya mencantumkan bahan-bahan pembuat. Kalau nggak, butuh perhatian ekstra nih, Bun.

Saat membeli squishy untuk anak balita, hindari yang ukurannya terlalu kecil karena ada risiko squishy tertelan. Pilih bahan yang nggak gampang sobek juga ya, Bun. Ketika squishy sobek bukan nggak mungkin ada risiko sobekan tertelan anak.

2. Minta Anak Cuci Tangan Setelah Main Squishy

Rupal Christine Gupta, MD dari Children's Mercy Hospital, AS berpesan jangan lupa minta anak cuci tangan setelah main squishy. Mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mencegah kuman dari tangan masuk ke dalam tubuh termasuk kuman-kuman yang berasal dari mainan yang biasa dimainkan anak, termasuk squishy.

Pakai air bersuhu suam-suam kuku untuk cuci tangan. Lebih baik jika pakai air yang mengalir supaya sisa cat pewarna yang menempel lebih mudah lepas dan terbuang. Lalu, pastikan anak menggosok tangannya dengan benar. Bersihkan bagian telapak, punggung, serta pergelangan tangan. Jangan lupa gosok sela-sela jari karena ini merupakan bagian yang sering terlupakan dan jadi tempat favorit kuman bersembunyi.

Setelah cuci tangan, perhatikan apakah sisa warna atau pewangi dari squishy masih ada. Jika masih, lakukan cuci tangan ulang di bagian tersebut.

3. Manfaat Main Squishy

Psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani yang akrab disapa Nina bilang memijat squishy bisa membantu memperkuat koordinasi motorik halus terutama jari-jari dan telapak tangan anak. Kemudian, dengan berbagai macam bentuknya, main squishy bisa memperluas wawasan anak.

"Dari segi bahasa mainan squishy juga bisa memberi manfaat bagi anak. Dengan squishy yang macam-macam itu kan bisa dibuat mainan, misalnya semua bentuk roti dan sayur bisa dibikin toko-tokoan, terus anak membuat kalimat dengan bentuk-bentuk itu. Anak juga bisa main belanja-belanjaan," kata Nina.

Bagi kesehatan emosi, bermain squishy bisa membantu anak menyalurkan kemarahan atau emosi negatif lain. Ya, dengan memencet-mencet squishy, kekesalan seseorang bisa berkurang. Dari segi manfaat sosial, berbagai bentuk squishy bisa dimainkan bareng teman sehingga ada interaksi antara anak dan temannya.

SquishySquishy/ Foto: thinkstock


4. Risiko Alergi

dr Laksmi Duarsa SpKK dari RS Surya Husadha, Denpasar mengatakan squishy memang biasanya terbuat dari bahan seperti karet atau gabus, serta dicat dengan menggunakan bahan pewarna tertentu. Nah, nggak menutup kemungkinan muncul reaksi alergi pada anak yang memang punya bakat alergi.

Reaksi yang mungkin muncul antara lain gatal, kulit memerah, dan muncul ruam. Jika alerginya berat, reaksi yang muncul bahkan bisa berupa kulit terasa menebal dan biduran. Untuk memastikan apakah alergi akibat main squishy, hindarkan anak dari kontak dengan mainan itu. Ketika kontak dilepaskan alergi membaik bisa jadi alergi anak karena squishy.

"Tapi kalau respons alergi masih ada bisa diberi salep seperti steroid cream atau obat antihistamin untuk mengurangi gatal. Segera bawa anak ke dokter jika ragu memberikan pengobatan," kata dr Laksmi.

Si kecil gimana, Bun? Suka juga main squishy seperti Harper Beckham?


[Gambas:Video 20detik]

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi