sign up SIGN UP search


parenting

3 Cara Membuat Squishy dengan Mudah Bersama Anak di Rumah

Annisa Karnesyia Jumat, 08 Oct 2021 17:00 WIB
squishy caption
Jakarta -

Bunda lagi mencari mainan anak untuk melatih kemampuan motorik halusnya? Mainan squishy bisa jadi pilihan menarik nih, Bunda. Cara membuat squishy terbilang mudah lho.

Squishy dapat dimainkan untuk anak balita dengan pengawasan orang tua. Mainan ini terbuat dari busa yang lunak, berbentuk kecil dan berwarna-warni.

Tak cuma bisa dimainkan anak, squishy juga sering dimainkan orang dewasa untuk mengatasi stres. Squishy sering disebut dengan istilah bola stres.


Manfaat squishy

Squishy dapat memberikan manfaat untuk tumbuh kembang anak lho, Bunda. Melansir dari beberapa sumber, berikut 5 manfaat squishy untuk anak:

1. Mengembangkan keterampilan motorik

Squishy adalah mainan yang bagus untuk melatih otot anak karena dimainkan dengan meremas. Selain itu, mainan ini juga dapat membantu anak mengembangkan keterampilan motoriknya, Bunda.

"Jadi pertama dilihat dari manfaat fisik, dengan memijat squishy sebetulnya kita memperkuat koordinasi motorik halus terutama jari-jari dan telapak tangan," kata Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, MPsi atau disapa Nina, dilansir detikcom.

2. Memperluas wawasan anak

Squishy untuk anak biasanya dibuat dengan beragam bentuk, seperti buah-buahan, makanan, atau benda-benda di sekitar anak. Memainkan squishy bisa menambah perbendaharaan kata dan wawasan anak.

"Dari segi bahasa mainan squishy juga bisa memberi manfaat bagi anak. Dengan squishy yang macam-macam itu kan bisa dibuat mainan, misalnya semua bentuk roti dan sayur bisa dibikin toko-tokoan, terus anak membuat kalimat dengan bentuk-bentuk itu. Anak juga bisa main belanja-belanjaan," kata Nina.

3. Mengajari anak untuk fokus

Mainan squishy bisa membuat otak Si Kecil fokus lho. Saat memainkannya, anak biasanya dipaksa untuk fokus bermain squishy karena beberapa jenis mainan ini bisa mengaktifkan indra peraba, penglihatan, dan penciuman.

Meski begitu, Bunda tak bisa bergantung pada squishy untuk mengalihkan perhatian anak ya. Jangan sampai waktu anak banyak terbuang untuk bermain squishy saja.

4. Mengontrol emosi anak

Anak yang masih kecil masih sulit mengontrol emosinya dan mudah marah. Seringkali, orang tua bingung cara mengatasi masalah ini.

Nah, squishy bisa jadi alternatif untuk menyalurkan emosi negatif anak ya. Selain itu, mainan ini juga bisa merangsang dopamin di otak, sehingga menghilangkan stres.

SquishyIlustrasi Anak Main Squishy/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrii Iemelyanenko

Cara membuat squishy

Mainan squishy bisa dibuat sendiri di rumah lho, Bunda. Membuat squishy dapat menjadi aktivitas positif yang dilakukan bersama buah hati.

Bunda bisa membantu tumbuh kembang anak dengan membuat squishy. Mereka bisa belajar berkreasi sambil mengembangkan kemampuan motorik halusnya.

Nah, berikut 3 cara membuat squishy yang mudah di rumah:

1. Cara membuat squishy dari balon dan air

Dilansir Smart School House, berikut cara membuat squishy dari balon dan air:

Bahan:

  • Balon yang belum ditiup
  • Air
  • fiberfill atau bahan yang biasa digunakan untuk mengisi boneka, atau
  • Busa atau spons make up applicator

Cara membuat:

  1. Isi balon dengan fiberfill atau spons make-up. Caranya, pegang balon terbuka dengan 2 jari dan isikan dengan tangan Bunda yang lain.
  2. Jika balon sudah terasa semakin penuh, maka Bunda bisa tambahkan air secara perlahan. Coba tempatkan balon di bawah keran air yang mengalir perlahan.
  3. Jangan mengisinya terlalu penuh atau sampai mengubahnya menjadi balon air ya, Bunda. Biarkan air mengisi hanya sebagian dari balon.
  4. Tiup sedikit udara ke dalam balon. Jangan ditiup terlalu banyak karena balon jadi mudah pecah jika diisi udara terlalu banyak. Squishy ini hanya butuh sedikit saja tambahan udara agar ada cukup ruang di dalam balon.
  5. Ikat balon hingga tertutup.

Bunda dapat bereksperimen dengan menambahkan lebih banyak atau lebih sedikit air atau udara. Isian fiberfill dan spons make up dapat menghasilkan jumlah 'squish' yang berbeda, namun kepadatannya tetap squishy untuk dimainkan.

2. Cara membuat squishy dari kertas

Selain balon, Bunda juga bisa membuat squishy dari kertas lho. Dikutip dari Red Ted Art, berikut cara membuat squishy dari kertas yang bisa Bunda coba di rumah bersama anak:

Bahan:

  • Kertas warna warni
  • Bahan isian, seperti spons, dakron, spons make-up, potongan-potongan plastik, busa bekas, bahan isian boneka, dan sebagainya.
  • Lakban transparan
  • Gunting
  • Lem

Cara membuat:

  1. Siapkan kertas berwarna untuk menjadi badan utama atau warna dasar squishy. Misalkan, Bunda ingin membuat squishy berbentuk emoji, berarti bisa gunakan kertas warna kuning yang dipotong sesuai bentuk kepala emoji, yakni bulat. Siapkan 2 lembar untuk menjadi bagian depan dan bagian belakang.
  2. Gambar dan potong pola dekorasinya. Misalnya, gambar mata atau lidah yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. Tempelkan bagian-bagian dekorasi tersebut pada kertas utama yang berwarna kuning tadi. Bunda juga dapat menempelkan kertas bergambar mata dan mulut ke kepala emoji warna kuning, dengan menggunakan lem.
  4. Lalu tempelkan lakban transparan di seluruh permukaan kertas gambar emoji yang sudah rapi tersebut.
  5. Rekatkan kedua lembar kertas emoji yang sudah memiliki gambar tadi dengan lakban di seluruh sisi luarnya, namun berikan sedikit sisa yang terbuka agar ada celah untuk memasukkan isiannya.
  6. Kemudian, masukkan isian spons atau bahan yang sudah ditentukan ke dalam rongga antara dua kertas yang sudah dilakban tadi. Isian jangan terlalu penuh karena tidak akan terasa seperti squishy bila terlalu padat.
  7. Setelah dimasukkan isiannya, tutup rapat celah tadi dengan lakban transparan dan squishy siap dimainkan.

3. Cara membuat squishy dari spons

Cara paling mudah membuat mainan anak squishy adalah dengan spons. Bahan spons lunak sehingga bisa langsung dibuat squishy sesuai bentuk yang diinginkan. Berikut cara membuat squishy dari spons:

Bahan:

  • Spons atau busa
  • Gunting yang tajam
  • Cat kain berbagai warna
  • Kuas cat
  • Piring kertas untuk tempat cat
  • Kertas lilin atau kertas perkamen

Cara membuat:

  1. Potong spons menjadi ukuran yang bisa digenggam anak. Spons dapat dipotong menjadi bentuk yang diinginkan, misalnya buah semangka atau buah pisang.
  2. Gunakan cat kain dan kuas untuk mengecat squishy sesuai bentuk yang diinginkan.
  3. Tempatkan mainan squishy di atas selembar kertas lilin atau kertas perkamen. Diamkan semalaman sampai mengering ya, Bunda.
  4. Setelah kering, squishy bisa langsung dimainkan Si Kecil.

Simak juga panduan memilih mainan anak sesuai usianya, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!