sign up SIGN UP search


parenting

Cara Membuat Squishy dari Balon, Agar Si Kecil Tidak Bosan di Rumah Bun

Nanie Wardhani Rabu, 14 Jul 2021 16:01 WIB
Portrait of happy caucasian boy with eyeglasses sitting at home in room in day real people small male playful child playing on the floor inflating balloon caption

Pandemi COVID-19 sudah berjalan selama setahun lebih, dan selama itu juga anak-anak berkegiatan di rumah secara penuh agar tidak tertular virus COVID-19. Tentunya Bunda dan Ayah harus berpikir keras dan kreatif untuk bisa membuat anak-anak tidak bosan di rumah ya.

Salah satu hal yang menyenangkan bagi anak-anak, adalah bermain squishy. Apa sih squishy itu? Mainan ini terbuat dari busa yang sifatnya seperti bola untuk penghilang stres, Bunda. Memainkannya Dengan menekan dan memencet-mencetnya.


Kemudian mainan itu akan mengembang kembali seperti semula. Bahkan ada yang dilengkapi dengan pewangi, jadi squishy-nya tidak hanya menyenangkan untuk dipencet tapi juga harum saat dicium. Mainan ini bagus tidak hanya untuk mengisi kebosanan Si Kecil, tapi juga memiliki efek menenangkan, mendamaikan dan bisa untuk menghilangkan stres, lho Bun.

Tapi jika terus-menerus membeli squishy dari toko, wah bisa jadi boros juga ya, Bun.da Nah, salah satu tips nih, agar tidak jadi boros karena terus menerus membeli squishy untuk anak-anak, Bunda dan Si Kecil bisa membuat squishy sendiri di rumah lho.

Selain Bunda bisa berhemat, membuat squishy sendiri di rumah juga bisa menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa menjadi momen seru antara Bunda dan Si Kecil. Lalu bagaimana cara membuat squishy ya? Yuk simak lengkapnya berikut ini, Bunda.

Cara membuat squishy dari balon

Squishy yang terbuat dari balon adalah squishy yang cukup unik, Bunda. Sebab squishy biasanya terbuat dari sejenis busa atau spons, sehingga ini akan tampak berbeda. 

Dilansir dari Smart School House, berikut detail lengkapnya untuk cara membuat squishy dari balon ya, Bun.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Balon yang belum ditiup
  • Air
  • fiber fill atau bahan yang biasa digunakan untuk mengisi boneka, atau
  • Busa atau spons make up applicator 

Cara Membuat Squishy dari Balon:

  • Gunakan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas
  • Isi balon dengan fiberfill atau spons make-up. Berikut tips untuk mempermudahnya: pegang balon terbuka dengan 2 jari dan isikan dengan tangan Bunda yang lain.
  • Saat menurut Bunda balon sudah terasa semakin penuh, maka Bunda bisa tambahkan air secara perlahan. Bunda bisa coba tempatkan balon di bawah keran air yang mengalir perlahan.
  • Jangan mengisinya terlalu penuh sampai mengubahnya menjadi balon air ya, Bunda! Biarkan air mengisi hanya sebagian dari balon.
  • Tiup sedikit udara ke dalam balon. Jangan ditiup terlalu banyak karena balon jadi mudah pecah jika diisi udara terlalu banyak. Squishy ini hanya butuh sedikit saja tambahan udara agar ada cukup ruang di dalam balon.
  • Ikat balon hingga tertutup.

Setiap squishy dengan isian berbeda ternyata akan memberi hasil yang berbeda lho, Bunda. Bereksperimenlah dengan menambahkan lebih banyak atau lebih sedikit air atau udara. Karena entah apa penyebabnya, tapi isian fiber fill dan spons make-up menghasilkan jumlah "squish" yang berbeda namun sama menyenangkannya untuk menghasilkan squishy buatan sendiri yang sempurna ini.

Bunda tidak mempunyai bahan-bahan yang disebutkan di atas? Jangan khawatir, Bun. Bunda tetap bisa membuat squishy dengan cara yang berbeda, lho.

Cara membuat squishy dari kertas

Tidak hanya dari balon, tapi Bunda juga bisa membuat squishy dari kertas, Bun. Ini juga tidak kalah seru untuk dikerjakan bersama Si Kecil di rumah. Dilansir dari Red Ted Art, berikut cara membuat squishy dari kertas yang bisa Bunda coba praktekkan di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Kertas warna warni (Bunda bisa juga memakai kertas putih, tapi akan memakan waktu dan tenaga lebih banyak untuk mewarnainya)
  • Bahan isian, bisa spons, dakron, spons make-up, potongan-potongan plastik, busa bekas, bahan isian boneka, dan sebagainya.
  • Lakban transparan
  • Gunting
  • Lem

Cara Membuat Squishy dari Kertas:

  • Siapkan kertas berwarna untuk menjadi badan utama atau warna dasar squishy. Misalkan Bunda ingin membuat squishy berbentuk emoji, berarti Bunda bisa gunakan kertas warna kuning, dan dipotong sesuai bentuk kepala emoji yaitu bulat, dan siapkan 2 lembar, untuk menjadi bagian depan dan bagian belakang
  • Gambar dan potong pola dekorasinya, misalnya gambar mata, lidah, dll.
  • tempelkan bagian-bagian dekorasi tersebut pada kertas utama yang kuning tadi. Atau tempelkan kertas bergambar mata dan mulut ke kepala emoji warna kuning, dengan menggunakan lem.
  • Lalu tempelkan lakban transparan di seluruh permukaan kertas gambar emoji yang sudah rapi tersebut.
  • Rekatkan kedua lembar kertas emoji yang sudah memiliki gambar tadi dengan lakban di seluruh sisi luarnya, namun berikan sedikit sisa yang terbuka agar ada celah untuk memasukkan isiannya.
  • masukan isian spons ke dalam rongga antara dua kertas yang sudah dilakban tadi, jangan terlalu penuh, karena jika terlalu penuh maka tidak akan terasa seperti squishy karena terlalu padat.
  • setelah dimasukkan isiannya, tutup rapat celah tadi dengan lakban transparan, dan squishy siap dimainkan.

Demikian cara membuat squishy dari berbagai bahan yang mungkin mudah ditemui di rumah, Bunda. Kalau pun ada beberapa bahan yang perlu Bunda beli mungkin tidak akan terlalu banyak. Kreasikan squishy-nya dengan berbagai bentuk berbeda ya, agar bermain bersama Si Kecil jadi lebih menyenangkan.

 

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi