aktivitas

Cerita Paul Rudd Ajak Anak Nonton Film yang Tak Sesuai Usianya

Asri Ediyati Rabu, 11 Jul 2018 - 18.54 WIB
Cerita Paul Rudd Ajak Anak Nonton Film yang Tak Sesuai Usianya/ Foto: Kevin Winter/Getty Images Cerita Paul Rudd Ajak Anak Nonton Film yang Tak Sesuai Usianya/ Foto: Kevin Winter/Getty Images
Los Angeles - Cara mendidik anak masing-masing orang tua tentu berbeda. Seringkali pola asuh oleh ayah dianggap lebih santai dan kadang 'nyeleneh'. Seorang ayah kadang ingin menunjukkan ke anak-anaknya tentang apa yang menjadi favoritnya termasuk film. Namun, hal ini bisa jadi bumerang bagi ayah karena film-filmnya ternyata nggak sesuai dengan usia anak. Dan itulah yang dilakukan aktor Paul Rudd.

Aktor pemeran superhero besutan Marvel, Ant Man ini bercerita pengalaman seputar pola asuh anaknya di acara 'Late Night with Seth Meyers'. Paul Rudd mengaku memiliki kebiasaan buruk mengajak anak-anaknya menonton film yang sebenarnya nggak sesuai untuk usia si anak.

"Semuanya berawal ketika saya menunjukkan anak lelaki saya yang berusia 4 tahun film 'Jack The Jerk'. Saya lupa kalau film komedi itu tak sesuai untuk anak saya," kata Paul Rudd dikutip dari Fatherly.

Bahkan, Paul Rudd mengaku dirinya sempat membuat kesalahan yang sama dua kali dengan mengajak si kecil nonton film 'Stepbrothers'. Paul Rudd menunjukkan film favoritnya itu ke Jack dan mengajak Jack serta saudaranya Darby menonton. Paul Rudd lupa ada adegan yang seharusnya nggak boleh ditonton kedua anaknya.

"Namun, kedua kasus tadi masih kalah dengan film yang sempat saya tonton dengan putri saya. Saya juga mengajaknya menonton film 'Faces of Death' yang menunjukkan berbagai cara orang meninggal," tambah Paul Rudd.

[Gambas:Youtube]



Duh, ada-ada saja ya kelakuan ayah yang satu ini. Tapi, bukan nggak mungkin Paul Rudd menceritakan pesan moral yang ada di film-film tersebut ya, Bun. Soal mengajak anak nonton film, terkadang ada adegan yang seharusnya nggak perlu dilihat oleh anak. Nah, baiknya gimana nih sikap kita sebagai orang tua? Terkait situasi ini, psikolog anak dari Tiga Generasi, Fathya Artha Utami, bilang hal ini tergantung usia anak, Bun. Umumnya anak-anak yang udah mulai bisa bicara bakal nanya itu (adegan mesra di film yang ditonton) apa.


Nah, Fathya bilang sebelum menjawab pertanyaan anak orang tua bisa tanya balik ke anak menurut mereka si tokoh di film itu sedang apa. Dari jawaban anak kita bisa mulai menjelaskan sesuai dengan batas pengetahuannya.

"Menanyakan balik ini juga memberikan waktu dan kesempatan orang tua untuk berpikir atau menenangkan diri supaya nggak panik ketika menjelaskan," kata Fathya waktu ngobrol sama HaiBunda.

Setelah itu, orang tua bisa menjelaskan bahwa adegan di film itu hanya dilakukan oleh orang dewasa. Bunda dan Ayah juga bisa menyampaikan nilai lain yang ada di keluarga yang ingin ditanamkan oleh orang tua.

"Hindari langsung menceramahi anak karena hal tersebut bikin anak nggak nyaman dan malah bikin mereka makin bertanya-tanya," pesan Fathya.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi