aktivitas

Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 12 Jul 2018 - 11.58 WIB
Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca/ Foto: Thinkstock Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Di usia balita, bukan berarti anak nggak bisa berlatih membaca apalagi jika dia sudah mengenal huruf. Ya, memang konsepnya tetap bermain sehingga terasa menyenangkan buat anak. Terlebih, ada kegiatan sehari-hari yang bisa bikin anak nggak sadar dirinya sedang berlatih membaca.

Kadang kala ada balita yang tertarik dengan huruf nih, Bun. Nah menurut psikolog pendidikan dari Tiga Generasi, Rafika Ariani yang akrab disapa Fika, ketertarikan lebih dini balita pada huruf pada prinsipnya bisa membuat orang tua lebih awal memberi stimulasi pada mereka. Sehingga, ketika anak diajari membaca pun tak masalah.



"Tapi pendekatannya bermain sambil belajar. Prinsipnya pada anak sampai usia 6 tahun, pendekatan itu yang dipakai. Bukan pelajaran formal seperti di sekolah, tapi dengan cara yang menyenangkan. Saat mengajari anak membaca, jangan sampai membuat ia merasa terpaksa. Ketika anak tampak jenuh, biarkan dia main dulu dan jangan diforsir. Kalau diforsir nanti anak justru jadi tidak suka membaca," kata Fika dikutip dari detikHealth.

Sehari-hari, sebenarnya ada kegiatan yang bisa kita lakukan bersama balita dan mereka nggak ngeh sedang berlatih membaca, Bun. Apa aja? Ini dia rangkumannya:

1. Sengaja Salahkan Tulisan

Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca/Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca/ Foto: Thinkstock


Sering nggak, Bun, lagi pergi ke suatu tempat kita melihat sebuah tulisan. Misalnya sedang di restoran ada tulisan menu yang terpampang? Coba sesekali baca menu dengan salah. Contohnya sapo tahu kita baca aja sapu tahu. Saat anak ikut memperhatikan tulisan menu itu, dia pasti akan membenarkannya. Secara nggak langsung, anak jadi berlatih membaca kan, Bun?

2. Manfaatkan Apa yang Ada di Sekitar

Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca/Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca/ Foto: dok. Istimewa


Lingkungan bisa dibilang salah satu aset untuk mengajak anak berlatih membaca, Bun. Ya, pasti banyak tulisan di sekitar kita seperti papan reklame, penunjuk jalan, spanduk, bahkan papan nama tempat. Saat jalan-jalan dengan anak, coba ajak mereka mengucapkan nama-nama itu. Kalau mau lebih seru lagi, ajak anak main tebak-tebakan. Jadi, kita minta mereka mencari kata yang kita sebutkan. Setelah anak menemukannya, ganti dia yang meminta kita menemukan kata yang dia sebutkan.

Nggak cuma huruf, saat jalan-jalan kita juga bisa mengajak anak latihan membaca dengan media pelat nomor mobil. Ya, secara nggak sadar anak bakal menyebutkan huruf dan angka yang dia lihat.

3. Manfaatkan Gadget

Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca/Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca/ Foto: thinkstock


Gadget nggak selamanya buruk buat anak-anak. Sehingga, nggak ada salahnya dampingi anak saat main gadget lalu jadikan beberapa permainan yang melibatkan huruf misalnya scrabble, susun kata atau bahkan tebak kata. Sekadar menyebutkan nama objek berdasarkan gambarnya di gadget juga bisa jadi kegiatan menyenangkan buat anak untuk berlatih membaca kok, Bun.

4. Ajak Anak Baca Buku Cerita

Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca/Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca/ Foto: Thinkstock


Untuk balita, buku cerita dengan alur sederhana bisa membantunya berlatih membaca. Apalagi ada gambar dijamin anak lebih excited nih, Bun, membaca ceritanya. Ingat, saat anak berusaha membaca jangan ditertawakan ketika mereka salah ya. Cukup benarkan dan tetap puji anak walaupun dia salah.

5. Permainan Instruksi

Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca/Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca/ Foto: Thinkstock


Buat permainan sederhana di rumah yang terdiri dari perintah sederhana. Misalnya, menemukan harta karun di mana anak perlu mengikuti petunjuk sederhana seperti 'cari aku di kamar mandi' kemudian clue-clue dari harta karun yang perlu dicari anak. Kegiatan ini juga bisa jadi aktivitas fisik sehingga anak nggak melulu main gadget, Bun.

6. Sediakan Hal yang Disukai Anak

Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca/Kegiatan Ini Bikin Balita Tak Sadar Dirinya sedang Latihan Baca/ Foto: Thinkstock


Si kecil senang dengan sesuatu yang berkaitan dengan hewan? Manfaatkan kesukaan mereka itu, Bun. Ya, ketika anak suka dengan hewan misalnya, saat kita beri mereka buku tentang hewan maka anak lebih penasaran untuk tahu lebih jauh soal hewan tersebut. Jangan lupa, sesuaikan bukunya dengan usia anak ya. Untuk balita biasanya buku dengan tulisan huruf ukuran besar dan warna-warni akan menarik sekali untuk dibaca.



Gimana, Bun, sudah siap melatih anak membaca tanpa dia menyadarinya? (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi