aktivitas

Beberapa Hal Seputar Kroasia yang Menarik Diketahui Anak

Amelia Sewaka Kamis, 12 Jul 2018 - 12.57 WIB
Beberapa Hal Seputar Kroasia yang Menarik Diketahui Anak/ Foto: Marcomm Beberapa Hal Seputar Kroasia yang Menarik Diketahui Anak/ Foto: Marcomm
Jakarta - Mengenalkan berbagai negara bisa jadi hal yang menarik buat si kecil, Bun. Selain mengedukasi, kalau kita kasih tahu dengan cara yang simpel dan menarik bisa buat hiburan anak juga. Seperti salah satu negara yang sedang hangat dibicarakan nih karena kemenangannya dalam semifinal Piala Dunia 2018, Kroasia.

Negara yang tak diduga akan masuk final dalam gelaran Piala Dunia 2018 dan melawan Prancis Minggu dini hari nanti, ternyata menyimpan banyak hal menarik yang bisa kita edukasikan ke si kecil lho. Nah, ini dia beberapa fakta dan hal menarik dari Kroasia yang HaiBunda rangkum dari berbagai sumber. Apa saja? Yuk, kita simak bersama, Bun.



1. Kroasia
Beberapa Hal Seputar Kroasia yang Menarik Diketahui AnakFoto: Instagram
Republik Kroasia ini memiliki ibu kota Zagreb dan terletak di bagian Eropa Tenggara, Kroasia secara geografis beragam. Negara berbentuk bulan sabit ini memiliki pegunungan rendah dan dataran tinggi di dekat garis pantai Adriatik, dan memiliki banyak pulau.

Kroasia mencakup sekitar 56 ribu km persegi dan dibatasi oleh Hungaria, Serbia, Slovenia, Montenegro, dan Bosnia-Herzegovina. Memiliki populasi sekitar 4,4 juta dan sebagian besar tinggal di Zagreb dan kota besar lainnya. Negara ini memiliki tanah sekitar 56 ribu kilometer persegi, menggunakan bahasa resmi Kroasia dan kebanyakan penganut agama Kristen.

Perdana menteri adalah kepala pemerintahan. Presiden menunjuk perdana menteri, yang juga harus disetujui oleh parlemen. Presiden secara langsung dipilih untuk masa jabatan lima tahun. Konstitusi membatasi Presiden untuk maksimal dua periode dan Kolinda Grabar-Kitarovic menjadi presiden sejak 15 Februari 2015 hingga sekarang

Perdana Menteri Kroasia adalah kepala pemerintahan. Sejak 22 Januari 2016, perdana menteri Kroasia saat ini adalah Tihomir Oreskovic.

2. Keadaan Alam
Beberapa Hal Seputar Kroasia yang Menarik Diketahui AnakFoto: (CNN Travel)
Daerah geografis Kroasia itu beragam dari mulai dataran, hutan pegunungan, dan garis pantai tercermin pada kehidupan hewannya yang bervariasi. Kelinci, rubah, babi hutan, kucing liar, dan domba liar ditemukan di daerah dataran. Sementara itu serigala dan bahkan beruang dapat ditemukan di hutan pedalaman. Kroasia juga kaya akan kehidupan laut di Laut Adriatiknya, dengan banyak terumbu karang dan gua bawah air yang berfungsi sebagai habitat.

Kroasia adalah rumah bagi vertebrata gua akuatik yang disebut olm. Ada 444 kawasan lindung Kroasia. Semuanya termasuk delapan taman nasional, dan sepuluh taman alam. Taman nasional tertua di Kroasia adalah Taman Nasional Danau Plitvice yang terdapat dalam Warisan Dunia UNESCO.

Bagian terdingin dari negara ini adalah Lika dan Gorski Kotar sedangkan yang terhangat berada di pantai Adriatik.



3. Ekonomi dan Pendidikan
Beberapa Hal Seputar Kroasia yang Menarik Diketahui AnakFoto: POOL/Instagram
Kroasia adalah salah satu negara terkaya di Semenanjung Balkan dan negara-negara bekas Yugoslavia. Tetapi Kroasia juga memiliki biaya hidup tertinggi di seluruh Eropa Tengah. Gaji atau upah bulanan rata-rata di Kroasia mulai dari 739 euro atau kira-kira Rp 12 juta. Usia pensiun untuk pria adalah 65 tahun dan untuk wanita 60 tahun. Di Kroasia perlindungan kesehatan untuk penduduk sangat kuat.

Pendidikan gratis dan wajib diberikan hingga anak mencapai usia 15 tahun. Banyak yang memilih untuk melanjutkan studi mereka di sekolah menengah hingga usia 18 tahun.

4. Fakta Menarik Lain

- Marco Polo sang penjelajah terkenal lahir di salah satu pulau Kroasia, Korcula.
- Kota tertua yang dihuni di Eropa adalah kota Kroasia timur Vinkovci, kota ini telah dihuni selama 8.000 tahun terakhir.
- The Walls of Ston adalah benteng terpanjang yang dilestarikan di dunia setelah Tembok Besar China.
- Orang Kroasia memiliki alfabet sendiri. Alfabet Glagolitic hanya digunakan oleh orang Kroasia yang digunakan dari abad ke-12 hingga ke-20, kebanyakan dalam liturgi.
- Kroasia memenangkan perolehan medali emas terbesar di Eropa (per kapita) di Olimpiade 2016 di Rio.
- Pulau Bisevo hanya memiliki 13 penduduk.
- Kroasia Slavoljub Penkala adalah penemu pensil mekanik.
- Ivan Vucetic dari Kroasia memelopori penggunaan sidik jari.
- Luka adalah nama anak laki-laki paling populer di Kroasia, sementara Mia saat ini adalah nama untuk bayi perempuan yang paling populer. (aml/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi