aktivitas

Asyik dan Seru! Berbagai Permainan Anak Tradisional dari Prancis

Asri Ediyati 15 Jul 2018
Asyik dan Seru! Berbagai Permainan Anak Tradisional dari Prancis/ Foto: Thinkstock Asyik dan Seru! Berbagai Permainan Anak Tradisional dari Prancis/ Foto: Thinkstock
Paris - Setiap negara pasti memiliki keunikannya tersendiri termasuk untuk jenis permainan tradisionalnya. Nah, di negara Prancis yang malam ini akan berduel dengan Kroasia untuk memperebutkan gelar juara Piala Dunia 2018 apa aja permainan anak yang seru untuk dimainkan?

Beberapa permainan dari negara Prancis ini nggak cuma bisa dimainkan oleh anak tapi orang dewasa juga, lho. Apa saja ya permainannya? Berikut telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber, permainan anak tradisional dadi negara Prancis.

1. Escargot

Kok kayak nama makanan yang berbahan dasar siput ya? Tenang Bun, escargot di sini merupakan mainan tradisional anak-anak Prancis. Permainan ini mirip hopscotch dari Amerika. Dalam permainan, anak-anak menggambar papan berbentuk siput raksasa atau 'escargot' dalam bahasa Prancis, dengan 15 hingga 20 kotak bernomor dan bagian tengah papan dibuat kosong.

Sepanjang permainan, pemain harus menaikkan satu kaki ke dan dari kotak kosong tanpa jatuh mengenai garis atau kotak lawan. Jika pemain mengenai kotak laaan maka mereka kehilangan giliran dan nggak bisa memiliki kotak. Jika pemain bisa menyelesaikan perjalanan satu putaran, mereka kembali ke tempat semula untuk beristirahat. Saat permainan berlangsung, pemain harus sebanyak-banyaknya mengumpulkan kotak terbanyak supaya jadi pemenang.

2. Bilboquet

Anak-anak Prancis membuat permainan bola dan piala mereka sendiri yang disebut bilboquet. Permainan ini mirip Kendama (permainan dari Jepang) yakni menangkap bola. Cuma bedanya bola dimasukkan ke dalam cangkir. Jadi bola diikat dengan benang atau tali lalu bagaimana caranya pemain harus memasukkan bola ke cangkir. Menurut buku 'Puzzles Old & New' oleh J. Slocum dan J. Botermans, bilboquet sangat populer di Prancis pada awal abad ke-16, dan variasi permainan ini ada di seluruh negara serta seluruh dunia.

Asyik dan Seru! Berbagai Permainan Anak Tradisional dari Prancis/Asyik dan Seru! Berbagai Permainan Anak Tradisional dari Prancis/ Foto: thinkstock




3. Petanque

Petanque adalah permainan tradisional Prancis yang digemari oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Permainan ini biasa dikenal sebagai 'boules' dan menyerupai bowling rumput asal Inggris atau permainan sepatu kuda asal Amerika. Petanque membutuhkan bola logam khusus dan lahan berpasir untuk dimainkan karena setiap pemain berusaha melemparkan bolanya yang terdekat dengan bola target.

Pemain yang sudah handal biasanya sangat berhati-hati dalam memilih bola logam atau boule. Kemudian penembak sering memilih bola yang lebih ringan untuk meningkatkan peluang mereka menembak 'carreau' atau bola lawan.

4. Poule, renard, vipere

Poule, renard, vipere artinya ayam, rubah dan ular berbisa. Di permainan ini akan ada tiga tim yang masing-masing memiliki zona aman, karena terdiri dari tiga titik maka arena permainannya berbentuk segitiga. Tim rubah bisa 'memangsa' ayam, tim ayam dapat 'memakan' tim ular berbisa dan ular berbisa dapat 'memakan' tim rubah.

Setiap tim nggak bisa tertangkap di zona aman yang umumnya memiliki tiang atau pohon di bagian ujung. Orang pertama yang tertangkap oleh tim akan memegang pohon dengan satu tangan sementara itu tangan satunya memegang 'tawanan' lain sehingga akan membuat rantai. Jika anggota tim kita berhasil memegang ketika kita adalah tawanan maka seluruh rantai akan bebas. Permainan ini butuh ketangkasan dan strategi.

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi