aktivitas

Ini Pesan BJ Habibie untuk Anak-anak Indonesia

Amelia Sewaka Rabu, 18 Jul 2018 - 09.50 WIB
Ini Pesan BJ Habibie untuk Anak-anak Indonesia/ Foto: Amelia Sewaka Ini Pesan BJ Habibie untuk Anak-anak Indonesia/ Foto: Amelia Sewaka
Jakarta - Semua orang tua pasti ingin si kecil jadi orang yang sukses. Nah, di Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang kita kenal dengan BJ Habibie bisa jadi salah satu tokoh inspiratif untuk anak-anak supaya bisa tumbuh jadi generasi berkualitas.

Siapa sih yang nggak kenal sosok BJ Habibie, Bun? Bahkan kita yang nggak kenal pun akrab memanggil pria ini 'eyang' karena sosoknya yang ngemong. Prestasinya nggak usah ditanya lagi karena BJ Habibie justru jadi orang pertama Indonesia yang berinisiatif membuat pesawat di negara sendiri.

Nah kali ini BJ Habibie punya pesan khusus nih untuk anak-anak yang ingin mumpuni dan cerdas seperti dirinya.


"Sehatkan diri dengan makanan yang cukup gizinya, terutama perbanyak minum air. Karena setengah dari tubuh kita kan terdiri dari air yang memperlancar oksigen ke otak dan itu bagus," kata BJ Habibie dalam acara Habibie dan Anak Indonesia: Tumbuh Sehat Melalui Makan Sehat di Perpustakan Habibie dan Ainun, Jakarta Selatan pada Selasa (17/7/2018).

Menurut BJ Habibie yang utama agar tumbuh kembang anak oke adalah segi kesehatan dan pendidikannya.

"Kalau ingin membuat sesuatu, harus terus penasaran. Jangan cuma mimpi karena ketika bangun mimpi kan bisa selesai, tapi bercita-citalah," kata BJ Habibie.
Ini Pesan BJ Habibie untuk Anak-anak IndonesiaBJ Habibie bersama salah satu anak di kegiatan yang diselenggarakan Habibie Center. Foto: Amelia Sewaka

Mau tahu makanan favorit BJ Habibie hingga ia bisa seperti sekarang? Ternyata, BJ Habibie suka banget makan ikan, Bun.

"Saya suka ikan, tapi dicampur makan sehat lainnya seperti sayur terus banyak minum air putih sama susu juga," tutur BJ Habibie.

Pada kesempatan yang sama dokter gizi klinis, Dr dr Damayanti R Syarief Spa(K) menyebutkan memang penting memperhatikan asupan makan anak. dr Damayanti bilang hal terpenting adalah memberi makanan anak yang mengandung karbohidrat, protein, lemak.

"Bentuknya juga boleh apa aja misal dari karbo nggak mesti nasi, bisa kentang dan lainnya. Sisanya bisa ditambahkan susu, atau buah sebagai camilan," kata dr Damayanti.

Terlebih, belakangan ini makanan yang anak konsumsi menjadi sorotan berbagai pihak termasuk masyarakat dan pemerintah. Soalnya, seperti kita tahu, Bun, kualitas hidup anak ditentukan dari apa yang mereka konsumsi dan asupan si kecil jadi faktor penting yang menentukan anak akan jadi generasi bangsa selanjutnya yang seperti itu.

Sebagai bentuk komitmen yang kuat, pemerintah memberi perhatian khusus untuk anak-anak demi tercapainya kesehjateraan anak. Nah, dalam memperingati Hari Anak yang jatuh pada tanggal 23 Juli mendatang, Habibie Center ikut mendukung pentingnya gizi dan asupan nutrisi anak pada seribu hari kehidupan pertama mereka.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi