aktivitas

Momen Manis Chris Pratt Ajak si Kecil Dekat dengan Alam

Amelia Sewaka 18 Jul 2018
Momen Manis Chris Pratt Ajak si Kecil Dekat dengan Alam/ Foto: (Getty) Momen Manis Chris Pratt Ajak si Kecil Dekat dengan Alam/ Foto: (Getty)
Virginia, AS - Aktor Chris Pratt selalu punya momen menyenangkan ketika bersama buah hatinya, Jack. Nggak cuma fun-nya aja yang selalu mereka lalui, tapi Chris Pratt selalu ingin ada edukasi atau pembelajaran yang didapat ketika Jack bersamanya.

Baru-baru ini Chris Pratt berbagi momen menyentuh bersama anaknya yang ia unggah di akun Instagram-nya. Terlihat Chris Pratt dan Jack sedang melihat penebangan pohon sambil bergandeng tangan. Ya, bisa jadi hal ini terlihat biasa saja, Bun, sampai kita lihat isi keterangan yang ditulis Chris dalam fotonya.

"Jack dan saya berbagi momen apresiasi pada hari terakhir dari kehidupan pohon yang menakjubkan ini. Lahir pada 1837 (tahun yang sama dengan 'Wild Bill' Hickok!). Pohon ini hidup dalam perang sipil dan perang-perang lainnya," tulis pemain film 'Guardians of the Galaxy' ini.

Jadi pohon cemara Douglas fir yang berada di ladang Chris Pratt ini akan dipotong dan diberikan ke tukang kayu untuk dijadikan mebel, karya seni, mantel dan barang lain. Pohon ini rubuh karena tersambar petir. Maka dari itu Chris Pratt merasa sudah waktunya pohon tersebut ditebang dan menjadi manfaat bagi orang banyak.



[Gambas:Instagram]


Pelajaran dari Chris Pratt bisa mengingatkan kita untuk mengajari anak pentingnya menghargai alam sekitar. Selain itu, buat anak belajar mengetahui dan beraktivitas di alam juga perlu lho, Bun. Belakangan keluarga dan anak-anak saat ini sangat sedikit peluangnya untuk terhubung dengan lingkungan alam. Richard Louv yang merupakan penulis dan jurnalis menyebut keadaan ini 'gangguan defisit alam' dalam bukunya 'The Last Child in the Woods'.

Dalam bukunya, Louv mendokumentasikan bagaimana kehidupan keluarga modern telah berubah secara dramatis dalam dua dekade terakhir. Anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu untuk nonton televisi dan bermain video game di komputer daripada melakukan aktivitas fisik di luar.

Keluarga makan lebih banyak makanan olahan dan berkalori tinggi. Belum lagi karena kesibukan masing-masing makan bareng aja jadi hal yang langka. Nah, perubahan-perubahan inilah yang menyebabkan anak berisiko obesitas bahkan terkena penyakit-penyakit serius seperti jantung, diabetes, sulit tidur dan masalah sosial juga psikologis.

Dilansir Natural Learning Initiative, banyak manfaat ketika anak-anak beraktivitas yang berkaitan dengan alam, seperti mendukung anak lebih kreatif dalam memecahkan masalah, melatih kemampuan kognitif, dan mengembangkan performansi akademik. Bahkan aktivitas dengan interaksi di alam bisa membantu meningkatkan kesehatan anak dari segi penglihatan, nutrisi, relasi sosial, disiplin diri dan mengurangi stres anak.

Soal belajar pengetahuan alam, Elvina Lim Kusumo, founder indonesiamontessori.com mendorong banget bisa banget kita lakukan bersama si kecil yang masih dalam kategori usia dini. Soalnya dengan belajar pengetahuan alam, anak akan lebih peka dengan sekelilingnya dan bisa mengasah rasa ingin tahunya, lho.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi