aktivitas

Bunda Juga Biarkan Anak Main Kotor-kotoran Seperti Zaskia Mecca?

Niken Widya Yunita Minggu, 22 Jul 2018 - 16.19 WIB
Foto: Instagram/Zaskia Adya Mecca Foto: Instagram/Zaskia Adya Mecca
Jakarta - Biasanya si kecil main apa, Bun, di rumah? Apakah termasuk yang suka main air dan kotor-kotoran? Jika iya, sama nih dengan anak-anak Zaskia Adya Mecca.

Karena membiarkan anaknya main apa saja di sekitarnya, Zaskia Adya Mecca sering dapat pertanyaan, 'Anaknya suka banget main air, nggak takut sakit?', 'Nggak kotor suka biarin (anak) duduk di garasi?'. Tapi Zaskia sih santai saja, Bun. Soalnya dia juga dulu saat kecil suka main air dan kotor-kotoran.

"Ku besar dari orang tua yang nggak pernah banyak ngelarang anaknya main air kotor-kotoran. Makan ice cream dibebasin banget sama mama papa," tulis Zaskia di Instagram pribadinya, @zaskiadyamecca.

[Gambas:Instagram]



Menurut Zaskia Adya Mecca, gaya pengasuhan seperti itu malah membuat dia jadi 'tahan banting'. Ya selama selalu tetap diarahkan, makannya benar, istirahat cukup, minum madu.

Namanya anak-anak, lanjut Zaskia, mereka lagi asik banget mengeksplorasi sana-sini. Semua hal bisa jadi mainan mereka. Bahkan bagi anak, sandal juga bisa jadi alat bermain.



Ya, Zaskia Adya Mecca membebaskan anak-anaknya menjadikan semua barang di rumah sebagai alat bermain. Bahkan anak ketiganya yang bernama Bhai Kaba yang penasaran menggambar di badan mobil juga diberi izin.

Karena puas bermain dengan benda apapun yang ditemui, anak-anaknya saat dibawa ke toko mainan sampai bingung. Ternyata mereka bingung mau beli apa karena media apapun di rumah sudah lebih seru dimainin dibandingkan mainan betulan.

Keluarga Zaskia Mecca/Keluarga Zaskia Mecca/ Foto: (zaskiadyamecca/Instagram)


"Lebih real gitu misal masak-masakan, ngulek daun-daunan pakai batu. Kalau masak-masakan di toko mah nggak seru plastik semua, nggak bisa diulek," ceritanya.

Bicara tentang main kotor-kotoran nih, Bun, memang banyak manfaatnya lho. Selain memenuhi rasa ingin tahu anak, juga bisa membantu tubuh anak membangun sistem imun yang baik. Demikian disampaikan Direktur Riset New England Biolabs di Massachusetts, Dr Sir Richard John Roberts, dikutip dari detikHealth.



Ketika terekspos sesuatu yang kotor, sistem imun anak akan merespons dengan membentuk antibodi. Nah, antibodi ini bisa menjaga sistem kekebalan tubuh anak bahkan dalam jangka waktu panjang ketika ia terpapar virus atau bakteri.

Jadi nggak apa-apa ya, Bun, anak main kotor-kotoran. Yang penting setelah selesai bermain segera cuci tangan dan kaki dengan sabun. (nwy/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi