aktivitas

Bun, Ada Pesan Nih dari BJ Habibie Soal Pemakaian Gadget Anak

Amelia Sewaka Minggu, 05 Agu 2018 - 18.05 WIB
Foto: Hanif Hawari/ detikHOT Foto: Hanif Hawari/ detikHOT
Jakarta - Zaman makin berkembang, teknologi pun makin canggih, termasuk gadget. Nah, sebagai orang tua dan eyang, BJ Habibie sadar banget lho akan keberadaan teknologi yang udah hampir mengisi hidup anak-anak zaman sekarang. BJ Habibie pun punya pesan untuk para orang tua terkait pemakaian gadget pada anak.

"Saya bisa bayangkan sebentar lagi, di tiap rumah tangga akan ada yang namanya wifi seiring majunya teknologi. Mungkin bisa lebih diatur soal pemakaiannya, misal jam sekian sampai jam sekian boleh pakai wifi, sisanya coba matikan dan lebih banyak ngobrol sama keluarga," papar BJ Habibie dalam acara 'Habibie dan Anak Indonesia: Tumbuh Sehat Melalui Makan Sehat' di Perpustakan Habibie dan Ainun, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.



Presiden ke-3 Indonesia ini mengatakan kita juga harus hati-hati lho dengan informasi yang disediakan oleh internet. Karena itu, peran orang tua, terutama ibu, penting banget dalam pengawasan pemakaian teknologi di keluarga, terutama anak-anak.

"Ibu berperan penting dalam mengawasi anak-anak termasuk soal teknologi. Mana ada ibu yang menjebloskan anaknya dalam kerugian," imbuh BJ Habibie.

Menurut BJ Habibie, ibu adalah satu-satunya makhluk yang paling cepat tanggap apalagi saat terjadi apa-apa sama anak. Ya, tentunya ayah juga ikut bertanggung jawab, cuma mayoritas ibulah yang paling cepat reaksinya atau bisa dibilang feeling ibu terhadap anaknya juga lebih kuat. Bunda setuju?

"Saya berpendapat, ibu itu harus banyak dapat informasi supaya bisa lebih aware dan sadar kalau-kalau anak kenapa-kenapa," tutur BJ Habibie.

Apalagi di zaman sekarang, anak mudah mengakses informasi apapun dari internet. Belum tanya sama orang tua, mereka udah tahu jawabannya dari Google. Tapi kadang, nggak semua informasi bisa kita serap mentah-mentah apalagi dengan mudah orang membuat berita palsu alias hoax. Walaupun sebenarnya gadget nggak melulu berdampak negatif untuk anak.

"Ini tergantung menjaga balance-nya. Memberikan aturan pada anak untuk stimulasinya juga perlu termasuk pemberian gadget ke anak," kata psikolog dari Tiga Generasi, Vera Itabiliana Hadiwidjojo.



Anak-anak sekarang itu sangat 'melek' teknologi. Nah, anak-anak sekarang yang disebut Gen Z atau generasi Z punya karakter yang berbeda banget dengan karakter lain.

"Karakter anak-anak gen Z ini teknologi minded banget beda sama orang tuanya yang masih ngalamin pager terus peralihan ke canggih dan sekarang teknologi makin canggih lagi. Nah, sedangkan gen Z ini begitu lahir udah ada tab atau smartphone," papar Vera.

Di sisi lain, ada dampak negatifnya nih, Bun, kalau kita terlalu membebaskan anak dengan teknologi. Jadi, anak pakai gadgetnya berlebihan deh. Vera mengatakan anak bisa lebih mengutamakan 'unstructure' aktivitas sehingga sulit dengan aturan begitu masuk ke lingkungan yang terstruktur. Jadi, intinya harus seimbang pemakaiannya ya, Bunda. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi