parenting

7 Cara Tepat Mencegah Anak Kecanduan Gadget

Asri Ediyati Rabu, 19 Jun 2019 11:06 WIB
7 Cara Tepat Mencegah Anak Kecanduan Gadget
Jakarta - Zaman sekarang, gadget adalah barang yang sulit dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. Tak terkecuali dengan anak-anak, yang seringkali dapat hiburan dari bermain gadget. Menurut psikolog anak Najeela Shihab, ketika kita membolehkan anak mengakses gadget, jangan pernah dibiarkan sendirian.

Kita harus menemani dan mendampingi mereka, hal ini agar mereka enggak menafsirkan informasi yang diterima dengan tidak jelas, atau mereka mencari sendiri informasi yang didapatnya cuma sepotong.


"Internet itu kayak pasar, yang jualan dan yang beli di pasar itu banyak. Nah, kita perlu temani mereka agar mereka tahu mana yang baik dan yang tidak," saran perempuan yang akrab disapa Ela ini.


Lalu, bagaimana cara mencegah anak kecanduan gadget? Soal ini Sahabat Keluarga Kemendikbud RI punya tips.

1. Adanya aturan yang dikomunikasikan atau disepakati anak. Waktu dan durasi yang diperbolehkan untuk bermain gadget.

2. Adanya pengawasan, gadget dalam penguasaan orang tua sehingga anak minta izin jika akan menggunakannya.

3. Konsistensi penegakan aturan.

4. Adanya keteladanan orang tua dalam penggunaan gagdet.

5. Saat anak mulai membuka gadget, disepakati sampai jarum panjang jam menunjuk angka berapa. Bunda juga bisa mengenalkan anak tentang jam, cara membaca jam jika anak belum paham.

6. Peringatkan saat waktu bermain gadget sudah hampir habis (5 - 10 menit sebelumnya), sekaligus mengajarkan anak menghitung waktu.

7. Hukum anak dengan mengurangi waktu bermain gadget jika anak melakukan pelanggaran. Misalnya tidak mau mengaji, belajar dan sebaliknya.


Yang perlu Bunda catat, larangan terhadap anak sebaiknya ada alternatifnya. Bisa dengan menyediakan mainan, buku, dan juga beri kesempatan pada anak untuk bergaul dengan teman sebayanya.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi