aktivitas

Hal-hal Ini Bisa Dipelajari Anak dari Momen 17 Agustus

Nurvita Indarini 16 Agu 2018
Hal-hal Ini Bisa Dipelajari Anak dari Momen 17 Agustus/ Foto: Pradita Utama Hal-hal Ini Bisa Dipelajari Anak dari Momen 17 Agustus/ Foto: Pradita Utama
Jakarta - Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan selalu berlangsung meriah, tak terkecuali HUT ke-73 Republik Indonesia tahun ini. Nah, dari momen ini, ada sejumlah hal yang bisa dipelajari anak lho.

Psikolog anak dan remaja, Ratih Zulhaqqi, bilang dari momen 17 Agustus ini, kita bisa menanamkan tentang nasionalisme pada anak. Dimulai dari hal kecil, Bun, misal kenapa bendera Indonesia berwarna merah dan putih.

"Sebenarnya sih nggak perlu nunggu 17 Agustus ya, tapi pas momen 17 Agustus itu banyak value. Ada nilai kemerdekaan, berjuang, perjuangan pahlawan, dan sebagainya," tutur Ratih saat berbincang dengan HaiBunda.

Nah, kita juga bisa nih mengenalkan pahlawan-pahlawan yang kurang diangkat meskipun jasanya banyak. Dari sini, kita dan si kecil bisa sama-sama belajar bagaimana membentuk perilaku positif, gigih berjuang, dan pentingnya membela yang benar.

"Nggak cuma cerita saja, tapi perlu juga contoh di kehidupan sehari-hari," sambung Ratih.



Lalu gimana ya kalau anak minta senjata karena ingin jadi pahlawan? "Kita perlu jelaskan konsep pahlawan itu apa. Lalu kenapa pahlawan kemerdekaan harus pakai senjata, itu karena mereka perlu mempertahankan diri saat diserang musuh," lanjut Ratih.

Nah, zaman sekarang, kita sudah merdeka. Usia kemerdekaan Indonesia bahkan sudah 73 tahun. Musuhnya bukan lagi penjajah, melainkan kemalasan, kebodohan, dan hal-hal negatif lainnya.

Hal-hal Ini Bisa Dipelajari Anak dari Momen 17 Agustus/Hal-hal Ini Bisa Dipelajari Anak dari Momen 17 Agustus/ Foto: Isal Mawardi-detikcom


"Karena itu senjata anak untuk memberantas kebodohan adalah buku dan alat-alat tulis yang digunakan dengan baik untuk belajar," imbuh Ratih.

Kepada anak kita bisa sampaikan orang yang membantu orang lain bisa juga disebut pahlawan. Guru di sekolah juga pahlawan tanpa tanda jasa.

"Jadi kita meluaskan bahwa pahlawan bukan hanya yang membawa senjata. Kalau sekarang anak-anak berani, maka keberaniannya juga senjata," ucap Ratih.



Nah, di momen 17 Agustus besok, jangan ketinggalan mengikuti pawai digital ya, Bun. Beberapa selebriti Tanah Air turut serta dalam iring-iringan pawai digital 17an ini. Mereka adalah Rossa, Armand Maulana, Afgan, Najwa Shihab, Ivan Gunawan, Ruben Onsu, Naura dan Zara Leola.

Dalam pawai digital, Bunda berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik lho. 17 Hadiah yang akan dibagikan di pawai digital 17an adalah sebagai berikut:
⁃ 4 iPhone X
⁃ 1 Smartphone Motorola E3 Power
⁃ 1 Headset Audio Technica
⁃ 2 Tea Set
⁃ 2 Voucher Belanja Senilai 500 Ribu Rupiah
⁃ 7 Paket Merchandise detikNetwork

Bunda berkesempatan mendapatkan hadiah jika berhasil menangkap sosok perusuh di pawai digital. Ini dia, Bun, sosok perusuhnya.

Sosok perusuh di pawai digital/Sosok perusuh di pawai digital/ Foto: detikcom network


Pawai digital akan hadir 17 Agustus 2018, lewat 8 kali di jam dan website berikut:
- Pada jam 11.00 WIB di.detik.com
- Pada jam 13.00 WIB di CNNIndonesia.com
- Pada jam 14.00 WIB di Haibunda.com
- Pada jam 15.00 WIB di CNBCIndonesia.com
- Pada jam 16.00 WIB di detik.com
- Pada jam 17.00 WIB di CNNIndonesia.com
- Pada jam 18.00 WIB di Haibunda.com
- Pada jam 19.00 WIB di CNBCIndonesia.com

Artikel selengkapnya tentang pawai digital dan hadiahnya bisa disimak di sini. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi