aktivitas

5 Manfaat Taekwondo bagi Anak Perempuan Seperti Defia Rosmaniar

Asri Ediyati Senin, 20 Agu 2018 - 18.51 WIB
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Defia Rosmaniar menjadi atlet Indonesia pertama peraih medali emas di Asian Games 2018. Tentu, sebagai warga negara Indonesia kita bangga sekali dengan prestasinya. Defia Rosmaniar berhasil menjadi yang terbaik di cabang olahraga taekwondo poomsae putri.

Defia Rosmaniar berhasil mengalahkan Yap Khim Wen dari Malaysia dan wakil Korea, Yun Jihye. Wah, keren banget ya, Bun, prestasi Defia. Ngomongin taekwondo yang merupakan olahraga bela diri dari Korea, ada manfaat tersendiri bagi anak-anak perempuan yang mempelajarinya.

Berikut ini 5 manfaat taekwondo bagi anak perempuan seperti Defia Rosmaniar.

1. Lebih Fokus dan Nggak Ambisius Soal Kompetisi

Sadar atau nggak, tingkat kompetisi anak perempuan lebih tinggi dan kebanyakan melibatkan cocok tidaknya diri sendiri ketika bergaul. Banyak anak-anak perempuan yang berjuang dengan penuh tekanan untuk bisa bersaing dengan anak-anak lain, misalnya dalam hal akademik. Nah, akan tetapi dalam seni bela diri seperti taekwondo fokusnya pada perbaikan diri, bukan berusaha menjadi yang terbaik dari saingannya.

2. Memiliki Tujuan Hidup yang Konkret

Terkadang sampai anak SMA, ketika ditanya cita-cita masih bingung mau jadi apa. Terlebih anak perempuan yang nantinya akan menjadi seorang ibu, tentu mereka seharusnya bisa memilih ingin menjadi wanita karir atau seorang ibu di rumah. Dengan anak mengikuti seni bela diri seperti taekwondo, mereka bisa belajar kalau memperoleh sesuatu ada prosesnya. Mereka bisa belajar tentang cita-cita dengan dianalogikan seperti sabuk berwarna yang harus didapatkan dalam taekwondo. Dari ujian sabuk itu mereka bisa termotivasi untuk mencapai sebuah tujuan yang jelas, Bun.

3. Dapat Mengontrol Diri dan Konsentrasi

Taekwondo menekankan kendali diri dan konsentrasi. Perhatian adalah inti seni bela diri. Anak-anak harus tetap fokus untuk belajar dan melakukan latihan. Ketika fokus anak melayang, instruktur akan meminta mereka mengambil posisi siap. Karena memang kebanyakan anak perempuan lebih cepat meluap emosinya, maka dengan ikut taekwondo, mereka bisa mengontrol diri. Taekwondo juga merupakan cara yang aman menyalurkan energi berlebih pada anak.

[Gambas:Instagram]



4. Membantu Koordinasi Tubuh

Taekwondo jelas bisa membantu koordinasi tubuh. Gerakan bela diri berulang yang disengaja dapat membantu anak-anak mengembangkan perasaan yang lebih baik untuk tubuh mereka. Hal tersebut dapat berguna untuk anak-anak yang berjuang dengan keterampilan motorik. Taekwondo juga dapat membantu beberapa anak memahami kekuatan pikiran atas tubuh yang oleh sebagian orang dianggap sangat bermanfaat bagi anak-anak dengan ADHD.

5. Melindungi Diri

Instruktur seni bela diri yang baik memiliki aturan yang jelas. Mereka juga menekankan perilaku yang baik di dalam dan di luar kelas. Beberapa bahkan mengirim anak-anak ke rumah dengan grafik perilaku yang harus ditandatangani orang tua. Jadi, taekwondo memang diciptakan untuk membela diri namun dalam hal yang positif, Bun bukan untuk melakukan praktik kejahatan.

Selain itu zaman semakin 'edan', tentu banyak kriminalitas yang bisa saja mengancam si kecil. Nah, taekwondo bisa jadi salah satu cara bagi anak melindungi dirinya dari kejahatan. (aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi