sign up SIGN UP search


parenting

10 Manfaat Taekwondo untuk Anak: Percaya Diri hingga Jantung Sehat

Muhayati Faridatun Rabu, 18 Nov 2020 19:34 WIB
A multi-ethnic group of children are indoors at a Taekwondo academy. They are wearing martial arts clothing. They are practicing their techniques and smiling. caption
Jakarta -

Aktivitas fisik penting bagi tumbuh kembang anak. Salah satunya dengan berlatih Taekwondo, Bunda. Banyak manfaat yang didapat anak dengan berlatih bela diri seperti Taekwondo. Apa saja?

Sekadar informasi, Taekwondo adalah salah satu seni bela diri yang berasal dari Korea. Olahraga ini sudah mendunia dan sering dipertandingkan dalam berbagai kejuaraan internasional.

Tak sedikit juga sekolah di Indonesia yang memasukkan Taekwondo dalam kegiatan ekstrakurikuler. Apakah di sekolah anak Bunda ada? Perlu Bunda tahu, berlatih Taekwondo ternyata banyak manfaatnya lho untuk anak.


"Taekwondo adalah salah satu olahraga terbaik untuk mendidik kaum muda, tidak hanya dalam seni bela diri dan kebugaran, tetapi juga disiplin, fokus, dan rasa hormat," kata Samir Becic, pelatih kebugaran asal Amerika Serikat, dikutip dari laman resmi Health Fitness Revolution (HFR).

Becic juga mengatakan, ia senang sekali karena putranya, Ares Max Becic, tertarik berlatih di Houston Center for Taekwondo. Seperti yang dipaparkan Becic, Taekwondo memang memberi banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak.

Berikut HaiBunda rangkumkan 10 manfaat Taekwondo untuk anak:

1. Percaya diri

Dengan penetapan tujuan, dorongan positif, dan penghormatan terhadap nilai-nilai, yang merupakan bagian dari semua program Taekwondo, manfaat terbesar yang dirasakan adalah anak lebih percaya diri. Anak-anak juga lebih nyaman dalam berbagai situasi, baik dalam bahaya atau sekadar melakukan tugas yang melampaui zona nyamannya.

2. Moral dan nilai

Berlatih bela diri secara konsisten bisa menghindari anak dari perilaku agresif dan impulsif, atau melakukan sesuatu tanpa dipikirkan akibatnya. Anak justru memiliki sikap, kerangka berpikir, dan kebajikan yang benar untuk berperilaku.

3. Gaya hidup sehat

Karena Taekwondo bersifat total aktivitas fisik, anak-anak akan membakar lebih banyak kalori selama latihan. Ini juga menanamkan pola aktivitas fisik secara teratur, yang merupakan hal mendasar yang harus dilakukan anak-anak di sepanjang hidup mereka. Sehingga, anak-anak akan terbiasa dengan gaya hidup sehat.

4. Disiplin dan pengendalian diri

Taekwondo mengajarkan disiplin dan pengendalian diri, salah satunya lewat gerakan tendangan yang sulit dan membutuhkan fokus, serta latihan intens. Ini melatih anak disiplin dalam aspek taktis, mental, dan fisik. Untuk berhasil, anak harus menunjukkan pengendalian diri dan perilaku yang terkontrol.

Apalagi manfaat Taekwondo untuk anak? Klik NEXT untuk baca selengkapnya.

Bunda, simak juga cara Donna Agnesia mendukung bakat ketiga anaknya, dalam video Intimate Interview berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi