aktivitas

Beragam Manfaat Biarkan Anak Main di Luar Seperti Chris Hemsworth

Amelia Sewaka 14 Sep 2018
Beragam Manfaat Biarkan Anak Main di Luar Seperti Chris Hemsworth/Foto: instagram Beragam Manfaat Biarkan Anak Main di Luar Seperti Chris Hemsworth/Foto: instagram
Canberra, Australia - Ada orang tua yang takut membiarkan anak bermain di luar. Takut si kecil kotor, jatuh, bahkan kena kuman. Nah, pemeran 'Thor', Chris Hemsworth sepertinya termasuk orang tua yang nggak takut membiarkan anak main di luar nih, Bun.

Terlihat dalam postingan video Instagram Chris, anak-anaknya bermain dengan lepas di suatu tempat seperti taman dengan bangku dan rerumputan di sekitarnya. Anak-anak ini juga kompak, dalam artian kompak jatuhnya. he-he-he. Dalam video tersebut, ketiga anak Chris Hemsworth bermain skuter dan tampak 'kompak' jatuh di rerumputan.

"Anak-anak saya sangat kompak antara satu dengan yang lainnya, bahkan mereka juga kompak saat berjatuhan. #pemenangkecil," tulis Chris dalam keterangan videonya.



[Gambas:Instagram]



Ada-ada aja ya ayah yang satu ini. Tapi ketika anak-anaknya terjatuh, Chris Hemsworth membiarkan mereka. Ya, bukan berarti aktor asal Australia ini tidak peduli ya, Bun. Kadang anak juga perlu merasakan jatuh dan sakit agar bisa belajar bangkit kembali. Dengan begini anak juga bisa mandiri. Apalagi, bisa aja Chris Hemsworth merasa tenang karena tiga anaknya yakni India, Sasha dan Tristan pakai helm saat main skuter.

Anak-anak memang secara alami tertarik untuk bermain di luar dan ada banyak manfaat bermain di luar ruangan. Menurut Kathleen Alfano PhD, mantan Direktur Penelitian Anak di Fisher-Price main di luar ruangan memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi lingkungan, mengembangkan kekuatan dan koordinasi otot, serta mendapat kepercayaan diri.

"Bermain aktif di luar ruangan juga meningkatkan fleksibilitas, keterampilan motorik halus dan kasar, dan terkait dengan pengembangan berbagai keterampilan fisik, termasuk mereka yang terlibat dalam olahraga," kata Kathleen dilansir Fisher Price.

Nah, berikut 5 manfaat main di luar ruangan bagi anak-anak:


1. Membantu anak mendapat sinar matahari. Dengan begitu anak mendapat vitamin D yang baik buat perkembangan tulangnya.

2. Berkontribusi baik pada perkembangan kognitif, sosial dan emosional anak. Main di luar bikin anak belajar berbagi, bereksplorasi, lebih inventif dan mengembangkan perilaku positif lainnya.

3. Meningkatkan keterampilan sensorik. Sebuah studi optometri dan ilmu penglihatan menunjukkan anak-anak yang main di luar rumah secara teratur memiliki penglihatan yang lebih baik daripada anak-anak yang selalu di dalam ruangan.

4. Meningkatkan perhatian dan konsentrasi. Anak-anak yang bermain di luar rumah secara teratur lebih ingin tahu, mandiri dan cenderung konstan dengan tugas lebih lama. Bahkan, studi menemukan main di luar bisa mengurangi gejala pada anak dengan attention deficit hyperactivity dia order (ADHD).

5. Anak lebih bahagia dan punya kekebalan yang lebih baik. Cahaya luar ruangan menstimulasi kelenjar pineal. Bagian otak ini sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan dan membuat merasa lebih bahagia. Menghabiskan waktu di alam juga dikaitkan membaiknya mood dan kebahagiaan. (aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi