aktivitas

2 Cara Bangunkan Anak di Pagi Hari Ala Zaskia Adya Mecca

Zika Zakiya Senin, 24 Sep 2018 - 19.06 WIB
Ilustrasi anak susah bangun pagi/Foto: thinkstock Ilustrasi anak susah bangun pagi/Foto: thinkstock
Jakarta - Bunda sering merasa membangunkan anak di pagi hari adalah 'pertempuran' besar? Kita sudah susah payah membangunkan tapi si kecil masih malas-malasan di kasur. Duh, Bunda jadi bingung deh.


Ada dua cara nih yang bisa Bunda coba untuk membangunkan anak di pagi hari. Seperti yang disarankan presenter dan bintang film, Zaskia Adya Mecca, dalam program Ibu Pintar TransTV berikut ini.

1. Bangunkan Anak dengan Makanan Kesukaan

Ilustrasi makanan kesukaan anakIlustrasi makanan kesukaan anak Foto: dok. detikFood/Istimewa


Bawa sarapan kesukaan anak ke kamar tidur dan biarkan dia mencium aromanya. Tambahkan sedikit rayuan agar dia mau beranjak dari kasur. Meski dengan mata masih terpejam, anak akan tergoda untuk bangkit dari tempat tidur lho.

2. Nyanyikan Lagu Kesukaan Anak

Baby sharkBaby shark Foto: Youtube


Jika si kecil masih juga susah bangun dari kasur, coba nyanyikan lagu kesukaannya. Atau, Bunda juga bisa memutar film kesukaan anak. Jangan lupa, putar lagu atau film kesukaannya si kecil sambil sesekali rayu anak untuk segera beranjak dari kasur ya, Bun.

Kiat membangunkan anak di pagi hari ini memang tidak langsung mudah dilaksanakan. Butuh waktu bagi si kecil menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru yang kita terapkan. Namun, dengan kesabaran dan disiplin waktu yang baik, si kecil akan beradaptasi dan lebih mudah dibangunkan di pagi hari.

Dikutip dari detikHealth, dr Aditya Suryansya SpA, bilang bagi anak tidur memiliki kenikmatan tersendiri dan pola tidur anak terbentuk karena lingkungannya. Seiring bertambahkana usia anak, semakin berkurang durasi tidurnya.

Dr Adit menambahkan, pola tidur anak tergantung lingkungan. Ketika anak susah saat dibangunkan di pagi hari sebaiknya orang tua mencari tahu penyebab mengapa anak tidak mau bangun pagi.

"Bisa jadi anak tidur larut malam sehingga sulit bangun saat pagi. Penyebab lainnya bisa pula karena pola tidurnya berbeda, yaitu siang terlalu banyak tidur sehingga malam hari menjadi tidur larut malam. Untuk mengetahui cara membangunkan anak dengan mudah di pagi hari, cobalah orangtua menelusuri penyebabnya serta buatlah anak nyaman saat bangun pagi hari," papar dr Aditya.

[Gambas:Video 20detik]

(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi