aktivitas

Wow! Anak 8 Tahun Temukan Pedang Kuno di Danau

Asri Ediyati 10 Okt 2018
Anak Menemukan Pedang Kuno di Sebuah Danau di Swedia/ Foto: Istimewa Anak Menemukan Pedang Kuno di Sebuah Danau di Swedia/ Foto: Istimewa
Smaland, Swedia - Banyak beberapa hal tak terduga terjadi ketika anak sedang bereksplorasi. Seperti Saga Vanecek, gadis blasteran Swedia yang sedang menikmati liburan musim panas di danau Vidosternm di Tanno, Smaland. Ayahnya menyuruh Saga masuk tapi ia masih asyik di pinggir danau.

Tiba-tiba, Saga tak sengaja menarik benda panjang yang ternyata sebuah pedang kuno peninggalan abad kelima dan keenam.

"Aku ada di tepi danau, melempar batang dan batu, lalu aku menemukan sebuah benda seperti tongkat. Aku ambil dan tadinya mau kujatuhkan saja ke air, tapi ternyata ada pegangannya. Aku melihat ada ujung yang runcing dan semuanya berkarat. Aku memegangnya dan memanggil ayah kalau aku menemukan pedang," kata Saga kepada Local.

Pihak keluarga langsung melaporkannya pada pihak yang berwenang. Museum Jonkopings Lans yang akan mengambil pedang tersebut. Kini museum itu masih mencari tahu asal pedang itu. Sebagian besar menduga kalau pedang tersebut adalah milik bangsa Viking.





"Mengapa itu terjadi di sana, kami belum tahu. Ketika kami mencari beberapa minggu yang lalu, kami menemukan objek prasejarah lainnya, sebuah bros dari sekitar era yang sama dengan pedang, jadi itu berarti kita belum tahu, tapi mungkin itu adalah tempat pengorbanan. Pada awalnya, kami pikir itu mungkin adalah kuburan yang terletak di dekat danau, tetapi kami sepertinya salah," ujar Mikael Nordstrom, yang bekerja untuk museum dilansir Fatherly.

Pihak museum meminta keluarga Saga untuk menyimpannya sementara sampai pihak museum bisa mengambil pedang tersebut.

"Kami meminta anak itu, jangan memberi tahu siapa pun tentang pedang. Karena kami takut jika penemuan ini akan dipublikasikan terlalu cepat akan ada banyak orang di sana, mungkin bisa menggagalkan kami untuk menemukan hal-hal baru nanti," kata Mikael.

Untuk menghormati penemunya yakni Saga, pedang tersebut diberi nama Pedang Saga.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi