aktivitas

4 Cara Berbicara dengan Anak tentang Uang

Yuni Ayu Amida 12 Okt 2018
4 Cara Berbicara dengan Anak Tentang Uang (Foto: Muhammad Ridho) 4 Cara Berbicara dengan Anak Tentang Uang (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta - Terkadang orang tua bingung mau memulai dari mana untuk membicarakan soal uang pada anak. Dikutip dari detikcom, menurut psikolog Ratih Ibrahim, mengenalkan uang pada anak dapat diterapkan mulai dari si anak masih kecil.

Lalu setelah anak berusia 5 atau 6 tahun, orang tua dapat mulai mengajarkan anak untuk mengelola keuangannya untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Sehingga sang anak lebih dapat menahan dirinya lagi.

Dilansir Psychology Today, ini 4 cara berbicara dengan anak soal uang.



1. Cerita Kesalahan Orang Tua tentang Uang

Anak-anak suka mendengar tentang kesalahan orang tua mereka. Ini memungkinkan mereka tahu bahwa menjadi kurang sempurna itu tidak apa-apa. Contoh cerita yang bisa dibagi ke si kecil seperti utang kartu kredit, atau rasa sesal Bunda karena dengan mudah membuang-buang uang.

2. Bagaimana Orang Tua Menghasilkan Uang dan Menggunakannya

Coba ceritakan bagaimana Ayah dan Bunda bekerja keras untuk mendapatkan gaji. Setelah itu, bicarakan bagaimana cara menggunakannya, misal untuk membeli makanan, pakaian, rumah, mobil dan lainnya.



3. Belajar Jeli Terhadap Iklan

Anak-anak terpapar iklan seperi di televisi. Seiring bertambahnya usia anak, tunjukkan perbedaan iklan dan acara. Ajarkan mereka untuk tidak selalu percaya terhadap semua janji yang dibuat iklan, yang membuat mereka ingin membelanjakan uangnya.

4. Uang Untuk Rencana Masa Depan

Ketika anak-anak mulai meminta hal yang mahal, dorong mereka untuk memahami apa yang sebenarnya mereka inginkan dan pertimbangkan cara untuk bisa mendapatkannya. Lalu, jelaskan pula bagaimana kita berjuang mendapatkan uang itu untuk digunakan untuk masa depan mereka, salah satunya untuk pendidikan. (nwy/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi