aktivitas

6 Cara Jitu Membiasakan Anak Menyikat Gigi, Bisa Langsung Dicoba

Yuni Ayu Amida Minggu, 21 Okt 2018 - 18.04 WIB
1 of 2 Next
Jakarta - Kebanyakan anak belum tahu soal pentingnya menyikat gigi, itu sebabnya mereka sering malas menyikat gigi. Dikutip detikcom menurut Drg Fadli Jazaldi, Sp.Ort sangat tepat memberikan pendidikan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak sedini mungkin. Karena psikologi anak seperti selembar kertas putih, kalau ditulis baik hasil tulisannya juga baik.

Dilansir foreo, ini 6 cara jitu untuk membiasakan anak menyikat gigi, Bun. Bisa langsung dicoba ya.

1. Beri contoh yang baik

Berikan contoh menyikat gigi yang baik kepada anak, Bun. Perlihatkan juga bagaimana cara menyikat lidah, gusi, atau menjangkau gigi belakang terjauh saat sikat gigi. Tidak apa-apa gunakan gerakan yang berlebihan, tujuannya untuk memperlihatkan dengan jelas setiap langkah penting dari proses menyikat gigi.

Setelahnya bunda bisa bercermin memperlihatkan hasil gigi yang sudah disikat, pastinya dengan penuh rasa bahagia dan bangga. Ini untuk menunjukkan kepada anak bahwa Bunda telah melakukan sikat gigi dengan baik.



2. Biarkan berlatih dengan orang lain

Bunda lelah karena si kecil susah buka mulut saat akan sikat gigi? Nggak apa-apa, jangan dipaksa. Jika orang tua dianggap bukan model ideal untuk contoh menyikat gigi, dorong anak untuk berlatih dengan boneka atau mainannya. Kalau bisa gunakan sikat gigi karakter, yang sekaligus bisa jadi mainan untuknya. Menyikat gigi akan lebih menyenangkan jika sebuah mainan terlibat.

6 Cara Jitu Membiasakan Anak Menyikat Gigi, Bisa Langsung DicobaFoto: Istimewa


3. Beri hadiah

Bunda bisa coba dengan membeli kalender dan stiker dengan gambar yang disukai si kecil. Setiap pagi atau malam setelah menggosok gigi, tempelkan stiker di kalender untuk menandai bahwa anak telah menyikat giginya.

Lakukan penempelan stiker setiap si kecil beres sikat gigi ya, Bun. Nah jika anak berhasil mengisi stiker di kalender sampai satu bulan penuh, berikan hadiah yang lebih besar, misal uang jajan atau mainan yang dia inginkan.

Menyikat gigi yang benar membutuhkan waktu dua menit penuh, jadi saat sikat gigi coba diberi timer, Bun. Nah jika anak menyikat gigi kurang dari waktu tersebut, mereka tidak dapat stiker untuk ditempel di kalender. Klik artikel berikutnya ya, Bun.



(nwy/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi