parenting

Tips Merawat Gigi Bayi Usia 6 Bulan, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati Jumat, 22 Nov 2019 12:00 WIB
Tips Merawat Gigi Bayi Usia 6 Bulan, Bunda Perlu Tahu
Jakarta - Kita tahu kesehatan gigi merupakan salah satu kesehatan paling penting. Ya, karena gigi berhubungan dengan saraf. Selain itu kalau gigi enggak bagus, kita apalagi anak-anak jadi enggak percaya diri.

Untuk itu, sedini mungkin kita harus membersihkan gigi anak. Walaupun baru tumbuh, masih gigi susu, Bunda perlu merawatnya. Dilansir dr.OZ Indonesia Trans TV, dokter gigi bilang, gigi susu itu tumbuh dari enam bulan.

Nah, usia segitu rawan cranky nih, Bunda, bagaimana merawatnya?

"Mulai dari depan, perawatannya dengan kassa steril, terus dibalut di jari. Kassa bisa dibasahkan sedikit yang sudah matang, digosok ke gigi anak," kata dokter.


Nah, tak cuma gigi yang perlu diperhatikan lagi itu setelah anak minum susu adalah lidah. Terkadang lidah menjadi putih, karena susu menempel. Kata dokter gigi, kalau udah enam bulan itu bisa disendoki air putih, jadi buat membilas lidah putih itu, Bunda.

Jangan lupa juga tetap gosok gigi si kecil dengan kassa basah supaya tidak menjadi caries gigi alias gigi grepes.

Lalu, kapan anak mulai bisa digosok giginya dengan pasta gigi? Tunggu hingga 18 bulan, itu pun harus dengan pasta gigi rendah fluoride. Takarannya juga seukuran kacang polong, jadi sedikit sekali.

"Dorong anak untuk memuntahkan busa pasta gigi setelah menyikat gigi, tetapi jangan membilasnya," tulis Dental Health Service Victoria.

Tips Merawat Gigi Bayi Usia 6 Bulan, Bunda Perlu Tahu


Simak juga video tentang cara membersihkan gigi bayi:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi