parenting

Duh! Orang Tua Lalai, Tenggorokan Anak Ini Bolong Tertusuk Sikat Gigi

Siti Hafadzoh Minggu, 24 Nov 2019 10:20 WIB
Duh! Orang Tua Lalai, Tenggorokan Anak Ini Bolong Tertusuk Sikat Gigi
Jakarta - Sebuah lubang ditemukan dalam mulut seorang bocah perempuan berusia 5 tahun bernama Celeste Gravenmier. Ia tertusuk sikat gigi ketika sedang sikat gigi sambil melompat-lompat di kasur bersama adik laki-lakinya.

Peristiwa ini bermula ketika Gravenmier dan adiknya menyikat gigi sebelum tidur. Ayah Gravenmier, Mitchell membiarkan anak-anak sikat gigi di atas tempat tidur karena ini membuat mereka berhenti berlari-lari.

"Gravenmier sedang duduk di atas kasurnya loncat ke atas dan ke bawah dan saya bilang ke dia untuk berhenti. Anak-anak menyikat gigi di sana, ini membuat mereka berhenti berlari-lari," kata Mitchell dikutip dari Metro.


Ketika itu, Mitchell meninggalkan anak-anaknya sebentar untuk berbicara pada istrinya, Victoria. Tapi, ketika ia kembali, peristiwa nahas itu terjadi.

"Saya berbalik beberapa saat untuk bicara kepada istri saya dan ketika saya putar balik lagi, Garvenmier sudah terjatuh. Ia berdiri berteriak. Saya melihat ke dalam mulutnya dan bisa terlihat ada sedikit darah di sekitarnya," cerita Mitchell.

Awalnya, ayah Garvenmier mengira hanya gusinya yang berdarah atau bibirnya tergigit. Ternyata Mitchell menemukan lubang di belakang mulut putrinya itu.

"Saya pikir mungkin dia melukai gusinya atau menggigit bibirnya. Tapi, setelah saya senter, saya menemukan lubang yang sagat besar di belakang bagian dalam mulutnya. Itu sekitar hampir satu inch (2,5 cm)," ujar Mitchell.

Untungnya, sikat gigi itu tidak tertusuk sampai ke dalam tenggorokan. Kalau ini terjadi akan memecahkan pembuluh darah dan menyebabkan pendarahan yang lebih parah.

Duh! Orang Tua Lalai, Tenggorokan Anak Ini Bolong Tertusuk Sikat GigiIlustrasi anak sikat gigi/ Foto: Thinkstock

Garvenmier mengangis karena mulutnya dipenuhi darah. Orang tuanya kemudian segera membawa Garvenmier ke rumah sakit.

Di rumah sakit, ia melakukan CT scan untuk melihat pembuluh darah dan arteri. Ini juga dilakukan untuk memeriksa apakah terdapat kerusakan. Dokter mengatakan, luka dalam mulut Garvenmier perlu segera ditutup dan diperlukan operasi darurat.

Sekarang, Garvenmier pulang ke rumah bersama orang tuanya setelah operasi semalaman. Dia hanya bisa makan makanan yang lunak selama dua minggu.

"Kami sekarang lebih ketat kepada anak-anak karena Matthew (adik Garvenmier) juga sangat energik. Kami tidak mengalihkan pandangan dari mereka sampai selesai menyikat gigi," kata Mitchell.

Akibat kejadian ini, gadis kecil itu jadi takut menyikat gigi. Dokter juga mengatakan bahwa Garvenmier akan mengalami masalah pada waktu yang akan datang. Mungkin ia akan mengalami masalah dalam pelafalan kata-kata tertentu.

Mitchell mengimbau kepada para orang tua untuk selalu mengawasi anak-anak mereka ketika menyikat gigi. Tidak hanya menyikat gigi, Bun, setiap kegiatan di dalam kamar mandi juga perlu diawasi ya.

Kamar mandi bisa jadi tempat yang berbahaya untuk anak. Dilansir Healthy Families, Bunda perlu menjaga anak-anak agar tetap aman dengan mengawasi anak-anak setiap saat dan menjauhkan mereka dari benda berbahaya. Berikut upaya agar anak aman di kamar mandi.

1. Selalu awasi anak di dalam kamar mandi. Kalau mau keluar, ajak anak untuk keluar.

2. Simpan semua obat-obatan, kosmetik, hair spray, dan lainnya di tempat yang tidak bisa dijangkau anak.

3. Jauhkan hair dryer, alat cukur elektrik, dan alat pengeriting rambut setelah digunakan.

4. Bersihkan tumpahan cairan dengan cepat.

Duh! Orang Tua Lalai, Tenggorokan Anak Ini Bolong Tertusuk Sikat Gigi

Bunda, lihat cara membuat wadah sikat gigi di video ini yuk. Siapa tahu bisa berkreasi bareng anak.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi