aktivitas

Usia Berapa Anak Sudah Bisa Diajak Memasak?

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 24 Okt 2018 - 09.08 WIB
Ilustrasi ajak anak memasak/ Foto: iStock Ilustrasi ajak anak memasak/ Foto: iStock
Jakarta - Bunda pernah nggak kepikiran mengajak anak memasak? Pastinya kegiatan ini bermanfaat untuk menciptakan bonding antara kita dan si kecil serta mengenalkan berbagai makanan sehat padanya. Namun, dari sisi keamanan anak di usia berapa ya mereka sudah bisa diajak memasak?

Menurut Chef Stefu Santoso dari Association of Culinary Professionals Indonesia (ACPI), mengajak anak berkreasi di dapur bisa jadi salah satu cara bagi orang tua membiasakan mereka makan makanan sehat. Nah, soal usia tepat anak diajak memasak, Chef Stefu bilang tergantung kegiatan di dapur yang hendak dilakukan anak.

Terlebih pekerjaan di dapur kata Chef Stefu banyak banget, mulai dari persiapan memasak sampai menghias hidangan. "Kalau ditanya dari usia berapa anak udah mampu diajak memasak? Kembali lagi tergantung kedewasaan mereka," kata Chef Stefu di sela-sela konferensi pers 'International Chefs Day 2018' baru-baru ini.



Misalnya persiapan bikin kue, Bun, menurut Chef Stefu nggak ada kegiatan yang berpotensi bahaya. Beda dengan aktivitas memanggang. Makanya, Chef Stefu menekankan sesuaikan lagi kegiatan apa yang akan kita lakukan bareng anak di dapur dengan usia mereka. Misalnya memotong sayuran, anak usia prasekolah nggak masalah kok melakukannya.

Ilustrasi ajak anak memasakIlustrasi ajak anak memasak/ Foto: iStock
"Sayuran kan nggak semuanya harus dipotong pakai pisau. Ada yang dipetik-petik dan itu jauh lebih mudah. Bahkan sayur lebih gampang dipotong pakai tangan dengan 'dipotek' gitu karena sentuhan dengan pisau sebenarnya bisa bikin sayur lebih cepat hitam," tutur Chef Stefu.

Dikutip dari BBC, sejak usia 18 bulan biasanya anak mulai tertarik ikut sibuk di dapur. Nah, berikut ini beberapa kegiatan memasak di dapur yang bisa anak coba lakukan sesuai kategori usia:

1. Di bawah 3 tahun

Pastikan nggak ada benda tajam dan berbahaya di dapur. Anak bisa membantu mencuci buah dan sayur, mengaduk bahan, dan menghancurkan bahan yang empuk dengan garpu.

2. 3-5 Tahun

Menuang terigu ke timbangan, memotong bahan empuk dengan pisau plastik, mengaduk bahan makanan pakai sendok lalu menguleni, memipihkan adonan menggunakan rolling pin atau memotong adonan.

Ilustrasi anak memasakIlustrasi anak memasak/ Foto: iStock
3. 5-7 Tahun

Di usia ini, anak sudah bisa diminta memotong menggunakan gunting atau pisau kecil, menimbang, melipat adonan, mengupas jeruk dan telur rebus atau memarut. Saat memarut, tetap awasi anak dan pastikan jarinya nggak terlalu dekat dengan parutan ya, Bun.

4. 8-11 Tahun

Anak umur 8-11 tahun bisa mulai diajari merencanakan menu, memixer, memakai pengupas, membuka kaleng, memakai kompor, oven, atau microwave. Tapi tetap, awasi mereka ya. Nah, bagi anak di atas umur 11 tahun umumnya mereka sudah bisa melakukan pekerjaan dapur seperti yang dilakukan orang dewasa. (rdn/nwy)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait
Rekomendasi