aktivitas

6 Fakta tentang Pramugari yang Bunda Bisa Beri Tahu ke Anak

Yuni Ayu Amida Rabu, 07 Nov 2018 - 19.02 WIB
6 Fakta tentang Pramugari yang Bunda Bisa Beri Tahu ke Anak (Foto: pool) 6 Fakta tentang Pramugari yang Bunda Bisa Beri Tahu ke Anak (Foto: pool)
Jakarta - Anak bercita-cita ingin jadi pramugari, Bun? Sebagai orang tua, penting untuk memberitahukan anak fakta apa saja yang ada di balik cita-citanya, agar anak dapat menentukan keputusan yang tepat. Berikut ini 6 faktar seputar pramugari yang bisa Bunda beri tahu ke anak.

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa pramugari adalah pekerjaan yang mudah dan menyenangkan. Profesi ini pun terlihat glamor karena tampilan rupawan dan bisa keliling dunia gratis. Tapi, apa betul sepenuhnya demikian, Bun?

Dilansir Cheat Sheet, 6 fakta seputar Pramugari ini bisa Bunda beritahukan ke anak.



1. Menguasai beberapa bahasa

Sebagai seorang pramugari, penting untuk menguasai berbagai bahasa. Tidak hanya bahasa Inggris saja, tetapi bahasa lainnya. Sejatinya, pramugari berkomunikasi dengan
banyak orang, itu artinya dengan menguasai berbagai bahasa, akan sangat membantu dalam pekerjaannya.

"Kemampuan untuk berbicara banyak bahasa sangat meningkatkan peluang Anda. Ini juga sebagai pengalaman dalam layanan pelanggan," kata Heather Poole, pramugari senior dan juga penulis di Mental Floss.

2. Harus siap mental

Profesi pramugari tidak selalu enak. Ketika ingin menjadi pramugari, kita harus mengikuti proses seleksi yang cukup ketat. Selain itu pramugari baru harus melewati masa percobaan terlebih dahulu. Kemungkinan besar waktu Anda akan habis untuk pekerjaan ini, bahkan waktu akhir pekan dan liburan bisa terancam.

6 Fakta tentang Pramugari yang Bunda Bisa Beri Tahu ke Anak6 Fakta tentang Pramugari yang Bunda Bisa Beri Tahu ke Anak (Foto: pool)


3. Perhatikan penampilan fisik

Bunda mungkin pernah mendengar bahwa untuk menjadi pramugari harus memiliki wajah yang cantik maupun fisik yang sempurna. Hal ini tidak sepenuhnya benar, namun kebanyakan memang demikian. Tetapi, bukan artinya jika ingin menjadi pramugari kita harus langsing, ramping, tinggi, seperti supermodel. Yang terpenting kita harus terlihat layak tampil dan menarik. Selain itu, pada beberapa penerbangan, ada yang memberikan aturan pada pramugarinya seperti tidak boleh memiliki tato yang terlihat, tidak boleh ditindik, dan sebagainya.

4. Harus siap dengan perubahan gaya hidup

Ketika sudah menjadi pramugari, kita harus siap dengan perubahan gaya hidup. Contohnya, kita harus terpisah jauh dari keluarga, harus mulai mandiri, dan berani untuk pergi ke sana kemari. Harus siap berbagi ruang hidup dengan sejumlah awak pesawat lainnya saat penerbangan. Siap menghadapi jam tidur yang tidak menentu atau terlambat makan karena tidak ada waktu.

5. Naik pesawat gratis

Memang benar, pramugari dapat terbang secara gratis saat bertugas, tetapi itu tidak sesederhana mengemasi tas dan naik pesawat. Seorang blogger di The Runway Journal mengatakan, pramugari terbang siaga, sehingga mereka hanya mendapatkan kursi jika ada kursi yang kosong. Jika tidak, mereka harus menempati tempat yang memang disediakan untuk kru, yang terkadang sedikit berdesakan. Jadi tidak ada jaminan pramugari mendapat tempat duduk ketika terbang. Namun, kabar baiknya adalah banyak maskapai penerbangan yang memberikan tiket murah pesawat bagi karyawannya, bahkan tiket gratis untuk keluarga atau pasangan mereka.

6. Memiliki penghasilan tinggi

Bukan rahasia lagi jika penghasilan seorang pramugari itu cukup tinggi. Hal ini wajar, sesuai dengan risiko pekerjaan yang mereka jalani. Untuk pramugari baru, penghasilan pastinya tidak lebih tinggi dari pramugari yang sudah berpengalaman. Menurut Presiden Direktur Lion Air, Edward Sirait, untuk pramugari baru di Lion Air bisa mendapatkan lebih dari Rp 6 juta per bulannya.

"Pramugari itu kalau dia terima bisa di atas Rp 6 juta yang baru, total. Itu penghasilan ya. Karena ada variabelnya mereka," tutur Edward.

(nwy/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi