aktivitas

Cara Mudah Pastikan Anak Nonton Video di Gadget Sesuai Usia

Siti Hafadzoh Selasa, 27 Nov 2018 - 20.00 WIB
Ilustrasi anak nonton video di gadget/ Foto: Thinkstock Ilustrasi anak nonton video di gadget/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Menonton video di gadget sudah lumrah dilakukan anak 'zaman now'. Biasanya, anak menonton video di Youtube. Tapi, pernah nggak sih Bunda khawatir dengan konten yang anak tonton? Takutnya, konten tersebut nggak sesuai dengan usia anak.

Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan adalah hanya menyediakan video-video di gadget yang sesuai dengan usia anak. Bisa juga dengan mengunduh aplikasi yang memfilter dan memutar konten video khusus untuk anak.

"Kalau memang punya, gunakan device yang memang dikhususkan untuk dipakai anak saja. Then, Youtube yang utama mungkin sama sekali nggak usah ada. Sehingga, anak mau nggak mau hanya menonton dari Youtube Kids," ujar Head of Consumer Marketing Google Indonesia, Fibriyani Elastria.



Kalau Bunda terpaksa harus berbagi gadget dengan anak, lebih baik sembunyikan aplikasi untuk orang dewasa. Dengan begitu, anak nggak menonton video yang bukan untuk mereka.

Ilustrasi anak nonton video di gadgetIlustrasi anak nonton video di gadget/ Foto: Thinkstock
"Paling tidak, ikon aplikasi Youtube yang untuk orang dewasa bisa di-hide. Biasanya kan bisa ada cluster atau grup, bisa dimasukkan supaya anak nggak gampang carinya. Jadi, buat anak-anak di bawah 10 tahun, mereka nggak sampai sebegitunya untuk mencari," kata Fibriyani ketika ditemui dalam acara 'Peluncuran Fitur Inisiatif Youtube Kids untuk Indonesia' di Greenhouse Coworking Space, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018).

Namun, dengan adanya fitur yang ramah anak, bukan berarti Bunda dan Ayah melepas anak begitu saja. Orang tua tetap perlu mengawasi anak ketika menonton video di internet, meskipun fitur tersebut memang dikhususkan untuk anak. Lalu ingat, Bun, batasi juga waktu main gadget si kecil ya.


(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi