cerita-bunda

Apa Respons Suami Ketika Bunda Bilang Mau Me Time?

Maya Sofia Sabtu, 28 Sep 2019 09:03 WIB
Apa Respons Suami Ketika Bunda Bilang Mau Me Time?
Jakarta - Bisa duduk santai sambil menikmati secangkir teh adalah kemewahan buat seorang ibu rumah tangga (IRT) ataupun ibu pekerja. Saking sibuk mengurus anak, suami, hingga mengerjakan tugas kantor, mereka terkadang justru abai memperhatikan diri sendiri.

Sedang mengalami hal ini juga Bunda? Jika ya, Bunda perlu ingat bahwa sebagai manusia pada dasarnya kita tetaplah makhluk individual yang butuh waktu untuk diri sendiri.

Mengutip detikcom, manusia butuh menyenangkan diri sendiri tanpa harus melibatkan orang lain. Dengan melakukan sesuatu sendiri akan membuat kita jadi orang yang lebih baik dan menyenangkan.


Bagi seorang ibu, kita biasanya mengenal istilah 'me time'. 'Me time' adalah momen krusial bagi seseorang untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari dan menyediakan waktu bagi diri sendiri. Ingat ya Bun, waktu untuk sendiri, bukan untuk suami bahkan anak-anak.

Kenapa Bunda harus meluangkan 'me time'? Tanpa 'me time', seseorang bisa menjadi mudah lelah, bosan, hingga tertekan. Perlu dicatat juga bahwa 'me time' tak harus ke spa, liburan ke luar kota atau jalan di mal lho.

Hal paling penting adalah kegiatan selama 'me time' memberikan banyak manfaat setelah dilakukan. Misalnya saja Bunda lebih bisa memahami diri sendiri dan menjadi pribadi lebih baik.

Kemudian Bunda juga merasa lebih bahagia dan sejahtera. Manfaat lainnya yang seharusnya dirasakan setelah 'me time' adalah siap berkomunikasi dan berinteraksi lebih baik dengan lingkungan. Terakhir, kondisi mental Bunda lebih baik alias jauh dari stres, kesal, dan uring-uringan.

Apa Respons Suami Ketika Bunda Bilang Mau Me Time?Ilustrasi Bunda 'me time'. (Foto: iStock)

Sayangnya meski sadar butuh 'me time', terkadang muncul rasa bersalah pada Bunda jika harus meninggalkan anak. Di sinilah pentingnya peran suami.

Ayah sebaiknya memberi dukungan agar Bunda rehat sejenak dari kegiatan sehari-hari. Yakinkan istri bahwa anak dan rumah akan tetap terurus selama ia beristirahat atau pergi bersama teman-temannya.

Dengan demikian istri akan merasa lebih bahagia karena tanggung jawab mereka sedikit berkurang. Jika istri bahagia, tentunya suami juga akan merasakan hal ya sama.

Nah kalau Bunda sendiri bagaimana pengalaman 'me time'. Bagaimana respons suami ketika Bunda mengatakan mau 'me time'? Share pengalaman Bunda di kolom komentar ya.

Simak juga 'me time' seru ala Tya Ariestya dan Titi Kamal dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi