sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Rasanya Campur Aduk! Aku Positif Hamil tapi Divonis TB, Harus Minum Obat Tiap Hari

Sahabat HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 11 Nov 2022 18:00 WIB
pregnant woman cry and feel depression at home Ilustrasi Cerita Bunda: Positif Hamil tapi Divonis TB/ Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999
Jakarta -

#HaiBunda Perkenalkan, aku seorang Bunda dari kota Malang, Jawa Timur. Aku mau berbagi pengalaman pribadi tentang kehamilan. Waktu hamil, aku melawan apa pun supaya nggak bed rest, ngebo, yang hanya tidur-tiduran.

Jadi, mindset aku setiap hari, aku harus kuat, harus bisa makan apa pun tanpa ada kendala. Kenapa seperti itu? Kehamilan pertama aku adalah pengobatan pertama juga untuk penyembuhan TB (tuberkulosis) selama 6 bulan.

Saat mendengar informasi dari dokter bahwa aku positif TB, aku sedih banget. Hancur seketika karena almarhum Ibuku meninggal karena mengidap TB. Yaa... Aku takut mati! Di sisi lain, aku juga senang karena positif hamil.


Perasaanku dan suami saat itu campur aduk, antara senang dan sedih. Tiap bulan, aku dipantau dokter untuk pengobatan TB berjalan lancar atau tidak. Kalau aku absen minum obat TB, harus mulai dari awal. Jadi, harus minum tiap hari selama 6 bulan tanpa absen.

Aku sangat berusaha supaya nggak lemas atau bed rest selama hamil dan penyembuhan TB. Tapi, aku juga harus bekerja setiap hari. Saat trimester pertama, aku pingin banget bed rest karena mual-mual dan males makan.

Tapi, aku berusaha semaksimal mungkin supaya enggak payah. Aku melawan semua dengan mindset 'harus kuat'. Aku harus bisa bangun, berusaha makan meskipun mau muntah, tetap ku telan meski rasanya nggak enak.

Aku juga hindari banget makanan nggak sehat atau bermicin, dan obat apapun dari dokter setiap hari aku minum. Tiap hari, aku juga usahakan baca surat Yusuf, surat Maryam, Yasin, Al Waqiah, Ar Rahman, agar selalu sehat dan dilancarkan.

Hasilnya, alhamdulillah aku disembuhkan dari TB hingga sekarang. Anak kami pun lahir sehat tanpa kuning meskipun operasi caesar. Alhamdulillah Si Kecil juga sehat dan sekarang umur 3 tahun. Dia tumbuh jadi anak yang sangat kuat dan nggak mudah sakit.

-Bunda Sofie, Malang-

Mau berbagi cerita juga, Bun? Yuk cerita ke Bubun, kirimkan lewat email [email protected] Cerita terbaik akan mendapat hadiah menarik dari HaiBunda.

Simak juga, curahan hati Audy Item yang tiba-tiba sakit saat hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!