sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Bunda Kesulitan Jadi Guru Si Kecil di Rumah? Yuk Belajar Bareng di Sini

Muhayati Faridatun Jumat, 07 May 2021 16:13 WIB
Tired young mother sitting on sofa and working with laptop and documents while little kids having fun and making noise caption
Jakarta -

Bunda mungkin sering mendengar ungkapan, seorang ibu sejatinya adalah guru pertama bagi anak-anaknya. Tapi memang pada kenyataannya, enggak mudah menerapkanĀ cara mendidik anak yang tepat.

Hal ini juga diungkapkan oleh psikolog asal Amerika Serikat, Patty O'Grady, Ph.D. Menurutnya, para bunda adalah guru pertama, bahkan utama, dan terbaik bagi anak-anak.


"Para ibu terbaik memiliki banyak hal yang diajarkan para pendidik," ujar Patty, dikutip dari Psychology Today.

Psikolog yang pernah mengajar di sekolah dasar ini mengakui, dirinya jadi pendidik yang lebih baik setelah menjadi seorang ibu. Ia pun meyakini, para bunda terbaik harus mengajarkan tentang psikologi positif.

Patty lalu mengingatkan, para bunda jangan terburu-buru atau menguras kekuatan emosional anak-anak sebelum matang. Karena Bunda perlu tahu juga, anak-anak memiliki sisa hidup mereka untuk tumbuh di masa depan.

"Jangan membebani mereka tanggung jawab yang terlalu besar, seperti halnya Anda tidak akan membeli sepatu berukuran dua kali lebih besar. Perkembangan fungsional berkembang perlahan," tuturnya.

Idealnya memang seperti itu, Bunda. Tapi, bagaimana dengan realitanya? Tentu tak semudah membalikkan telapak tangan ya. Segala macam teori yang sudah dibaca atau kita dapat dari orang tua, rasanya 'bubar' saat menerapkan pada Si Kecil.

Bunda mungkin sering bertanya-tanya, 'Salahnya di mana ya?'. Daripada bingung, yuk belajar bareng HaiBunda Squad lagi. Seperti biasa, Bubun akan mengajak para bunda dan Si Kecil untuk gathering, sharing, dan playing.

Masih dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, HaiBunda Squad Online akan hadir pada Sabtu, 22 Mei 2021, mulai pukul 10.00 WIB. Eksklusif lho di website HaiBunda.com!

HaiBunda Squad Online Mei 2021HaiBunda Squad Online Mei 2021/ Foto: HaiBunda

Dengan tema Peran Bunda Sebagai Guru Pertama Si Kecil di Rumah, Bubun akan ditemani para narasumber berpengalaman yakni Tennie Marlim (Program Coordinator Sekolah Murid Merdeka), Tita Ardiati (Principal Coach Mindtera), Novy Yulianty, M.Psi., dan dipandu oleh Zika Zakiya (Managing Editor HaiBunda).

Catat waktunya ya, Bunda...

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!