sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Hidup Bersama Anak Berkebutuhan Khusus, Jangan Lupa Bahagia Bunda

Muhayati Faridatun Selasa, 23 Mar 2021 15:47 WIB
Smiling mother showing her daughter with down syndrome the model of the planet caption
Jakarta -

Orang tua memiliki peran, tugas, dan tanggung jawab yang besar. Terlebih selama pandemi COVID-19, kita seakan harus putar otak demi menjaga tumbuh kembang anak tetap optimal. Tak terkecuali para orang tua dengan anak berkebutuhan khusus.

Seperti Bunda tahu, anak berkebutuhan khusus butuh perawatan dan metode pendidikan berbeda dari anak-anak lain. Wajar kalau tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus membuat cemas orang tua selama pandemi ini.

Dikatakan psikolog klinis Dr. Dan Peters, Ph.D., para orang tua khawatir, akankah anak berkebutuhan khusus bisa belajar membaca dan menulis? Bisakah mereka mengerjakan matematika? Akankah mereka belajar bagaimana mengelola perasaan dan perilaku?


Belum lagi kekhawatiran soal masa depan anak berkebutuhan khusus seperti, apakah mereka akan kuliah hingga dapat pekerjaan yang baik? Bisakah mereka hidup sendiri dan menjaga diri sendiri? Akankah mereka bahagia dan sukses? Dan mungkin masih banyak pertanyaan lain.

"Orang tua cemas dan stres karena ingin anaknya bahagia dan memiliki kehidupan yang bermakna," ujar Peters, dikutip dari Psychology Today.

Untuk mencegah stres dan jadi orang tua bahagia, Peters menyarankan, fokus pada diri sendiri adalah salah satu hal terbaik yang bisa Bunda lakukan untuk anak. Menurutnya, anak-anak berkebutuhan khusus juga perlu melihat orang tua hidup dalam kehidupannya sendiri.

"Mereka ingin kita memberi ruang. Mereka juga ingin kita tidak mengkhawatirkan mereka," kata Peters.

Nah, kalau pengalaman Bunda bagaimana, apa saja tantangan yang dihadapi dalam membesarkan anak berkebutuhan khusus? Kekhawatiran apa yang Bunda rasakan selama mendampingi tumbuh kembang mereka, terlebih saat pandemi seperti ini?

Kalau ingin meredakan kecemasan dan bisa jadi orang tua bahagia, yuk ikutan HaiBunda Squad Online pada Sabtu, 27 Maret 2021, mulai pukul 10.00 WIB. Bubun akan mengajak para bunda untuk gathering, sharing, dan playing, bersama para nara sumber berpengalaman.

Mereka adalah Dra.Anisa Cahya Ningrum, Psikolog, selaku founder Cahya Communication dan Tim Khusus IC4RD, ada juga pengajar art and craft di Rumah Ceria Down Syndrome (RCDS), Anggie Putri, lalu pengajar SLB Cicendo, Adinda Meita Putri, dan mom influencer yang memiliki anak berkebutuhan khusus, Rahayu Saraswati.

HaiBunda Squad Online dengan tema Hidup Bersama Anak Berkebutuhan Khusus ini akan dipandu Zika Zakiya, selaku Managing Editor HaiBunda. Event ini akan disiarkan eksklusif secara live streaming di website HaiBunda.com.

HaiBunda Squad Online Maret 2021

Berikut detail acaranya:

10.00 - 10.10 WIB : Opening
10.10 - 10.50 WIB : Sesi sharing 'Berdamai dalam Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus'
10.50 - 11.15 WIB : Pelatihan motorik untuk penyandang tuna rungu wicara
11.15 - 11.40 WIB : Pelatihan motorik untuk penyandang down syndrome
11.40 - 11.45 WIB : Closing

Bagi Bunda yang ingin bertanya pada nara sumber, bisa tuliskan di kolom komentar saat tayangan berlangsung. Catat waktunya dan jangan sampai terlewat ya, Bunda.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi