sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Investasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak, Ini Manfaatnya Bunda

Annisa Karnesyia Rabu, 26 May 2021 14:30 WIB
CARA MENCAIRKAN TABUNGAN EMAS
Anak sekolah caption

Bunda bisa memanfaatkan tabungan emas untuk dana pendidikan anak. Caranya adalah membeli emas dalam bentuk gram, bukan fisik.

Manfaatnya adalah Bunda bisa mencairkan kapan saja dan dalam bentuk apa pun. Tabungan emas bisa dicairkan menjadi emas batangan, logam mulia, atau uang tunai.

Bedanya, Bunda perlu mengeluarkan uang tambahan bila ingin mencairkan dalam bentuk emas batangan atau logam mulia. Biaya ini cukup mahal untuk ditanggung.


"Nanti kalau mau mencairkan bisa dalam bentuk emas batangan. Misalnya, setelah menabung dapat 1 kg emas, nah itu bisa cetak batangan ke provider-nya. Tapi, kalau mau diambil mata uang juga bisa, jadi enggak usah dicetak," ujar Maria.

"Kalau Bunda mau mengambil emas, ada biaya-biayanya lagi yang harus ditanggung pencetak. Jadi kalau mau cetak, ya langsung besar jadi sekali saja biayanya karena biaya cetaknya itu lumayan."

Kalau Bunda memilih untuk membeli emas saja, perlu dipikirkan juga tempat menyimpannya ya. Jika berencana untuk menyimpan di bank, maka ada biaya tambahan lagi. Sementara bila menyimpan sendiri di rumah, Bunda perlu hati-hati karena emas mudah rusak kalau ditempatkan dalam suhu panas dan lembap.

(ank/muf)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!