sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Cara Unik Fanny Fabriana Semangati Diri sebelum Dampingi Anak Belajar di Rumah

Annisa Karnesyia Kamis, 08 Jul 2021 15:40 WIB
Fanny Fabriana bersama suami dan 3 anaknya caption
Jakarta -

Artis cantik Fanny Fabriana punya cara unik untuk menyiapkan dirinya sebelum mendampingi sang buah hati belajar online nih, Bunda. Wanita 36 tahun ini sering membuat afirmasi positif supaya enggak stres.

Fanny kerap menyemangati dirinya sendiri sebelum mulai beraktivitas. Caranya dengan berdoa dan bicara pada dirinya sendiri di depan cermin agar diberikan kesabaran.

"Untuk menanggulangi supaya enggak stres yang aku lakukan di pagi habis mandi sambil berkaca adalah ngomong sendiri 'You can do it, Ya Allah berikan aku kekuatan supaya aku bisa menjalani hari dengan baik dan supaya diberikan kesabaran'," kata Fanny dalam Live Instagram HaiBunda, Kamis (8/7/21).


"Jadi, aku menyemangati diri sendiri dan berdoa supaya aku bisa lancar menjalani hari dan sabar kalau aku ketemu anak," sambungnya.

Menurut Fanny, kesabaran adalah hal penting yang harus dimiliki orang tua selama masa pandemi ini. Jika kita sabar, maka emosi kita akan terkontrol dan enggak akan marah-marah tapa alasan yang jelas pada anak.

Selain itu, Fanny juga sadar benar bahwa anak membutuhkan dukungan dan motivasi dari orang tuanya saat sekolah online. Agar anak termotivasi, orang tua harus mengenal karakter anaknya.

"Yang adaptasi itu bukan hanya kita, tapi anak juga belajar adaptasi. Jadi, anak butuh banget dukungan atau support dari kita sebagai Bunda," ujarnya.

Membangun afirmasi positif untuk bersiap menemani anak belajar di rumah memang penting. Menurut Psikolog Yosi Molina M. Psi, kunci mendampingi anak belajar online adalah orang tua merasa aman dulu nih, Bunda.

Penelitian di berbagai negara menunjukkan bahwa tingkat stres orang tua meningkat karena pandemi. Kondisi ini dapat terjadi karena akumulasi merawat anak dan tuntutan pekerjaan yang meningkat.

Sebelum bersiap mendampingi anak belajar, kita harus menyadari dulu apakah sudah mengalami stres dalam pengasuhan atau belum ya. Hal ini penting untuk mengelola emosi agar tak gampang marah.

"Stres pengasuhan ini definisinya adalah bagaimana kita sebagai orang tua merasa ada sesuatu yang tidak ideal dalam pengasuhan atau merasa anak kurang mampu mengerjakan tugasnya," kata Yosi.

Untuk mengatasi stres pengasuhan, Bunda harus benar-benar mindfulness. Artinya, pikiran kita tidak boleh terpecah dan hanya fokus pada buah hati saat mendampingi dia belajar.

"Kita butuh untuk merasakan mindfulness, jadi benar-benar berada di saat ini, tidak di masa lalu atau masa yang akan datang. Ketika mendampingi anak belajar, benar-benar ada di samping anak dan memikirkan anak. Kondisi ini penting dihadirkan," ujar Yosi.

Simak juga tips belajar online efektif selama pandemi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/ank)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!