sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Keseruan Ngobrol Bareng Caca Tengker soal Menu MPASI di Junio BundaFest

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 05 Dec 2021 14:00 WIB
Talk show bersama Caca Tengker di Bundafest caption
Jakarta -

Kemeriahan Junio BundaFest masih berlangsung di Atrium Trans Studio Mall Cibubur, Bunda. Di hari terakhir, Minggu (5/12/2021) kembali digelar Talk Show bersama pakar dan Bunda Seleb.

Kali ini, Talk Show membahas tentang cara mengatur gizi anak untuk tumbuh kembang optimal. Seperti kita tahu, tumbuh kembang anak yang optimal memang dipengaruhi oleh asupan gizi dan nutrisinya.

Ketua Indonesia Sport Nutrition Association, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, menjelaskan bahwa kecerdasan anak akan berkembang 70 persen di dua tahun pertama kehidupan dan akan berlanjut sampai usia lima tahun. Nah, kecerdasan ini akan dipengaruhi oleh asupan gizi yang Bunda berikan ke buah hati.


"Ada tahapan penting, 6 bulan pertama anak diberikan ASI eksklusif tanpa makanan apa pun. Memasuki usia di atas 6 bulan, ASI tidak cukup memenuhi nutrisi, terutama protein dan zat besi," kata Rita dalam Talk Show yang didukung Good Time dengan tema Mengatur Gizi untuk Tumbuh Kembang Anak Optimal, Minggu (5/12/21).

"Zat besi di ASI hanya 0,5 miligram (mg), sedangkan kebutuhan anak di atas 6 bulan adalah 11 mg. Jadi sisanya ini harus dipenuhi dari MPASI," sambungnya.

Rita menjelaskan bahwa menu lengkap adalah pilihan terbaik untuk MPASI anak. Ini juga yang diterapkan oleh Bunda Seleb Caca Tengker pada dua buah hatinya, Ansara Maisadipta Tamin dan Aruni Damina Tamin.

"Ansara pernah aku kasih menu tunggal dan baby lead weaning (BLW). Terus ke dokter, balik langsung menu MPASI lengkap. Nah, untuk anak kedua langsung menu lengkap," ujar Caca yang juga jadi bintang tamu dalam Talk Show di Junio BundaFest.

Caca Tengker sendiri tidak pernah kesulitan mengenalkan MPASI pada dua anaknya, terutama Ansara. Ansara bukan anak yang picky eater lho.

"Alhamdulillah anak-anak aku bukan picky eater. Ansara ditawarin makanan apa saja terbuka banget, dia cukup eksploratif dengan segala jenis makanan," ungkap wanita 32 tahun.

Talkshow Bundafest hari ketiga bersama Caca TengkerFoto: HaiBunda/Annisa Karnesyia

Menu lengkap memang pilihan MPASI terbaik untuk anak. Menurut Rita, MPASI lengkap yang bisa dikenalkan ke anak adalah MPASI empat bintang plus. Lalu apa saja menu di MPASI lengkap ini ya, Bunda?

Nah, berikut MPASI empat bintang plus yang bisa diberikan ke anak agar tumbuh kembangnya optimal:

1. Bintang pertama adalah karbohidrat, seperti nasi, kentang, ubi, singkong, atau tepung beras.
2. Bintang dua adalah protein hewani yang terdiri dari daging sapi, ikan, atau telur.
3. Bintang tiga adalah protein nabati, contohnya tempe, kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, atau tahu.
4. Bintang empat adalah sayuran dan buah, boleh salah satu dan atau keduanya.
5. Plus adalah lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh sebanyak 45 persen. Makanan sumber lemak yang baik adalah setengah atau satu sendok teh minyak kelapa atau olive oil. Pilihan lainnya adalah santan encer yang dimatangkan atau buah alpukat.

"Semua makanan ini bisa dipilih tergantung yang disukai Si Kecil. Semua zat gizi ini diperlukan untuk tumbuh kembang optimal," ujar Rita.

Gimana nih, Bunda? Menarik kan penjelasan gizi anak bersama Dr. Rita Ramayulis dan Caca Tengker hari ini?

Kemeriahan Junio Bundafest tak cuma Talk Show bersama pakar lho. Acara juga diramaikan dengan Pentas Anak, Bazar, Photo Competition, dan aneka hiburan lainnya.

Bunda yang datang ke Junio BundaFest juga bisa mendapatkan beragam diskon untuk keperluan anak dan rumah tangga. Nah, diskon ini bisa didapatkan di BunBastis Sale.

Untuk mendapatkan diskon, Bunda cukup download aplikasi HaiBunda di handphone. Ada berbagai produk seperti popok, sembako, dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Bunbastis Sale terdiri dari 8 sesi waktu. Setiap sesi akan menjual produk yang berbeda, dengan penawaran harga yang murah.

Setelah Talk Show, rangkaian kemeriahan Junio Bundafest akan dilanjutkan dengan acara Grand Final Pentas Anak Menyanyi. Di acara ini, kita bakal melihat finalis terpilih menunjukkan bakat di bidang tarik suara.

Terus ikuti keseruan Junio BundaFest ya, Bunda. Bagi yang enggak bisa datang langsung ke Trans Studio Mall Cibubur, dapat mengakses acara melalui live streaming di website HaiBunda.

(fir/fir)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!