sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Inspiratif, Cara Sehat Dukung Anak-anak yang Kehilangan Orang Tua Akibat Pandemi

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 24 Mar 2022 21:40 WIB
Bike To Care 2022 caption
Jakarta -

Selama dua tahun pandemi COVID-19 melanda, ternyata begitu besar dampaknya bagiĀ anak-anak Indonesia. Tak hanya soal pendidikan yang terhambat, tapi banyak juga anak-anak yang harus kehilangan pengasuhan orang tua.

Berangkat dari kepedulian akan nasib anak-anak bangsa, SOS Children's Villages Indonesia menggelar Bike To Care 2022 #BaliLoop 500KM. Event ini diselenggarakan secara hybrid yakni virtual dan offline.

Tahun 2022 ini merupakan kali pertama Bike To Care diadakan secara offline, Bunda. Perhelatan dengan konsep Charity Ultra-distance Cycling ini menggandeng puluhan komunitas sepeda dari seluruh Nusantara.


Acara sepeda amal ini mengambil jarak sejauh 500 kilometer (km), di mana para peserta tak hanya mengelilingi Bali tapi berbagi kebaikan juga. Caranya dengan penggalangan dana melalui halaman donasi atas nama masing-masing peserta. Event ini juga menjadi ajang sepeda pertama yang menempuh rute 500 km mengelilingi Bali.

Banner Mantan Istri Doni Salmanan

Event offline digelar pada 19 dan 20 Maret 2022 dari Hotel SOL Benoa Bali. Pada 19 Maret, peserta melintasi 300 km dari Jimbaran, Tabanan, Negara, Pulaki, dan berhenti di Lovina.

Para peserta disempatkan melipir ke SOS Children's Village Bali, yang terletak di Desa Bantas Selemadeg, Tabanan, untuk makan siang. Mereka langsung disambut oleh anak-anak di sana, Bunda.

Peserta menginap satu malam untuk beristirahat, sebelum melanjutkan perjalanan keesokan harinya. Pada 20 Maret, para peserta berangkat dari Lovina menuju Tejakula, Karang Asem, Klungkung, Sanur, dan finish di titik yang sama dengan titik start.

"Kami sangat bersemangat untuk dapat melangsungkan Bike To Care pertama secara offline. Melihat cukup banyak antusias pesepeda yang luar biasa membangkitkan semangat optimis kami, demi memberikan yang terbaik bagi anak-anak Indonesia," ujar Lusiana Udjaja, Public Relation, Communications and Digital Fundraising Manager SOS Children's Villages Indonesia.

"Dengan tujuan yang selalu sama, yaitu membantu anak-anak yang kehilangan pengasuhan orang tua, kami harap semakin banyak masyarakat yang turut serta mendukung program dari SOS Children's Villages Indonesia."

Bike To Care 2022Bike To Care 2022/ Foto: Dok. SOS Children's Villages Indonesia

Lusiana menambahkan, kegiatan ini diharapkan bisa membangkitkan perekonomian dan sektor pariwisata Indonesia, khususnya Bali. Terlebih, melihat lebih dari 65 persen peserta berasal dari luar pulau Bali.

Event offline terbagi dalam dua kategori, yakni 500 km (Individu) dan 300 - 200 km (Duo Relay). Kegiatan Bike to Care 2022 juga menerapkan prosedur CHSE untuk memastikan setiap titik melakukan protokol kesehatan yang ketat.

Seluruh peserta dan panitia juga dicek sertifikat vaksin dan melakukan test swab antigen sebelum acara dimulai. Sementara itu, event virtual terbagi dalam dua kategori yakni Individu 150 km, 250 km, dan 500 km, serta team relay.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!