sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Jangan Remehkan Kesehatan Mental Anak di Masa Pandemi, Ini Akibatnya Bun

Muhayati Faridatun   |   Haibunda Senin, 07 Feb 2022 17:44 WIB
Mother trying to console crying baby boy at home caption
Jakarta -

"Bundaaa... Aku mau main keluar!" permintaan Si Adik yang satu ini sering bikin Bubun dilema deh. Jangankan main di luar rumah bareng anak-anak tetangga, sekolah pun belum kami izinkan PTM (Pembelajaran Tatap Muka).

Jadi, selama hampir dua tahun pandemi COVID-19, kedua anak kami benar-benar belajar dari rumah saja. Enggak cuma sekali atau dua kali mereka tanya, 'Kapan bisa ke sekolah lagi?', 'Kapan virus Corona-nya habis?'.

Bubun bingung deh jawabnya. Kayak kehabisan alasan untuk kasih pengertian ke anak-anak. Paling cuma bisa bilang, 'Sabar ya, Nak'. Kadang kasihan juga sih, lihat anak-anak 'terkurung' di dalam rumah. Tapi, ini kan demi menjaga kesehatan mereka.


Banner Trik Berburu Minyak Goreng

Lalu, apa kabar kesehatan mental anak-anak? Ternyata enggak boleh kita anggap remeh, Bunda. Menurut Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga, Roslina Verauli, M.Psi., Psi., penting banget menjaga kesehatan mental anak di masa pandemi ini.

"Kesehatan mental pada anak merupakan bagian penting dari status kesehatan anak secara keseluruhan," ujar psikolog yang akrab disapa Vera, kepada HaiBunda, Senin (7/2/2022).

Bunda dua anak ini lalu menjelaskan, kesehatan mental anak turut memengaruhi kesehatan fisik, performa akademis di sekolah, hingga relasi bersama keluarga, teman, dan sekitar. Jadi, begitu besar pengaruhnya lho, Bunda.

"Di era pandemi, support dari orang tua penting bagi kesehatan mental anak," kata psikolog, yang juga penulis buku dan konsultan film.

Banner HaiBunda Live Kesehatan Mental Anak

Nah, bagaimana cara agar kesehatan mental anak tetap terjaga selama pandemi? Bunda bisa konsultasi langsung ke Bunda Vera dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, pada Selasa (8/2/2022), mulai pukul 19.00 WIB.

Bagi Bunda yang ingin bertanya seputar kesehatan mental anak, bisa tuliskan di kolom komentar saat live berlangsung. Jika ingin konsultasi langsung ke narasumber dengan cara join live, daftar dulu yuk untuk jadi member komunitas HaiBunda Squad.

Cek caranya di SINI.

Simak juga jurus jitu Maya Septha atasi burnout saat mengurus anak, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!