sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Yuk Join Bunda-bunda Jabar Kartinian, Ada Atalia Istri Ridwan Kamil & Banyak Hadiahnya!

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 20 Apr 2022 15:30 WIB
Banner Bunda-bunda Jabar Kartinian caption
Jakarta -

#HaiBunda dalam rangka memperingati Hari Kartini, Bubun punya acara seru nih! Bubun mau Kartinian bareng Bunda-bunda Jawa Barat (Jabar), pada Kamis (21/4/2022). Banyak hadiah yang bisa Bunda dapatkan juga lho!

Sebelum Bubun kasih tahu detail acaranya, kita ingat lagi yuk sejarah singkat Raden Adjeng (RA) Kartini. Putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M.A. Ngasirah ini lahir di Jepara, 21 April 1879.

RA Kartini terlahir dari keluarga ningrat dan cerdas, Bunda. Ayahnya adalah Bupati Jepara yang berpendidikan, pandai menulis dan berbahasa Belanda. Sang kakek, Pangeran Ario Tjondronegoro IV, diangkat jadi bupati pada usia 25 tahun.


Kartini sekolah di Europose Lagere School (ELS), sekolah untuk orang-orang Belanda dan orang-orang Jawa terkemuka. Ternyata, Kartini merasa marah karena diskriminasi oleh guru-gurunya.

"Orang-orang Belanda itu menertawakan dan mengejek kebodohan kami, tapi kami berusaha maju, kemudian mereka mengambil sikap menentang kami. Aduhai!" bunyi tulisan Kartini dalam suratnya kepada Stella Zeehandellar, dikutip dari buku R.A. Kartini karya Imron Rosyadi.

Banner Tanda Janin Lapar

Pada 8 November 1903, Kartini menikah dengan Bupati Rembang Raden Adipati Djojo Adiningrat. Setelah menikah, Kartini ikut sang suami tinggal di Rembang. Sejak itu, ia mewujudkan sebagian cita-citanya, yakni menyelenggarakan pendidikan untuk anak-anak perempuan.

Pada 13 September 1904, Kartini melahirkan seorang bayi laki-laki, Bunda. Tapi, empat hari kemudian, Kartini meninggal dunia. Setelah Kartini pergi untuk selamanya, adik-adiknya tetap mengutamakan pendidikan.

Upaya Kartini agar anak-anak perempuan pribumi bisa mengenyam pendidikan akhirnya terwujud. Seperti yang kita rasakan sekarang, Bunda. Para perempuan bisa menempuh pendidikan hingga jenjang tertinggi, berprestasi, dan bermanfaat bagi orang banyak.

Seperti ketiga perempuan hebat berikut ini, yang akan jadi tamu Bubun dalam acara HaiBunda Live spesial Bunda-bunda Jabar Kartinian di Instagram @haibundacom, Kamis (21/4/2022). Ada siapa saja? Cek jadwalnya yuk:

Pukul 12.00 - 13.00 WIB
Narasumber: Sonya Fatmala (Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Bandung Barat)
Tema: Saatnya Perempuan Bergerak Mengambil Peran

Pukul 14.00 - 15.00 WIB
Narasumber: Dhatu Rembulan (Bunda Seleb Jawa Barat)
Tema: Tips Parenting ala Keluarga Dhatu Rembulan

Pukul 16.00 - 17.00 WIB
Narasumber: Atalia Praratya Kamil (Ketua Umum SEKOPER CINTA dan Ketua Tim Penggerak PKK Jabar)
Tema: Mengulik Kembali Impian dan Cita-cita Perempuan

Acara kolaborasi HaiBunda dengan Detik Jabar ini akan live dari The Trans Luxury Hotel Bandung dan dipandu dua host, yakni Erna Mardiana (Redaktur Pelaksana Detik Jabar) dan Zika Zakiya (Redaktur Pelaksana HaiBunda).

Bunda jangan lupa ya, pasang alarm dan siapkan pertanyaan terbaik untuk para narasumber. Pertanyaan terpilih akan dapat hadiah istimewa dari The Trans Luxury Hotel Bandung. Ada voucher menginap di Club Premier, voucher berenang di The Pool, dan voucher makan di The 18th Restaurant and Lounge.

Syaratnya gampang banget, Bunda wajib follow Instagram @detikjabar dan @thetransluxuryhotel. Jangan sampai enggak kebagian hadiahnya lho!

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!